PENGARUH PENGGUNAAN WHATSAPP DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KESIAPAN BELAJAR PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Yuliansah Yuliansah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak: Pengaruh Penggunaan Whatsapp dan Motivasi Belajar Terhadap Kesiapan Belajar Pembelajaran Jarak Jauh. Kesiapan belajar menjadi faktor penting dalam pembelajaran karena menjadi dasar awal siswa belajar. Tingkat kesiapan belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penggunaan Whatsapp dan motivasi belajar memberikan pengaruh pada kesiapan belajar pembelajaran daring. Metode penelitian ini merupakn penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI OTKP dengan jumlah 56 orang. Uji hipotesis dilakukan dengan analasis regresi menggunakan SPSS.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan Whatsapp mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan belajar pembelajaran jarak jauh sebesar 24.2%, 2) Motivasi belajar mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kesiapan belajar pembelajaran jarak jauh sebesar 60.2%, 3) Penggunaan Whatsapp dan motivasi belajar secara simultan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kesiapan belajar pembelajaran jarak jauh sebesar 60.5%. 

 

Kata kunci: whatsapp; motivasi belajar; kesiapan belajar; pembelajaran jarak jauh

 

 

Abstract: The Effect of Using Whatsapp and Learning Motivation on E-Learning Readiness. Learning readiness is an important factor in learning because it is the basis for students to learn.The level of learning readiness is influenced by several factors. This study aims to analyze how the use of Whatsapp and learning motivation influence the e-learning readiness. This research was an ex-post facto with quantitative apparoach. The subject of this research is all students in class XI of Automation and Office Governance which amounted to 56 people. Hypothesis testing is carried out by means of regression analysis on SPSS software. The results of this study indicate that: 1) The used of Whatsapp has a positive and significant influence on e-learning readiness by 24.2%, 2) learning motivation has a positive and significant influence on e-learning readiness by 60.2%, 3) The used of Whatsapp and learning motivation simultaneously positive and significans influence on e-learning readiness by 60.5%.

 

Keyword: whatsapp; learning motivation; learning readiness; e-learning


Keywords


Whatsapp, Learning Motivation, Learning readiness, E-Learning

Full Text:

PDF

References


Aenilah, F., Sutresna, Y., & Sopyan, T. (2021). Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 207–212.

Anak, K. P. (2020). SurveI Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan Sistem Penilaian Jarak Jauh BerBaSiS Pengaduan KPAI”. https://bankdata.kpai.go.id/infografis/survei-pelaksanaan-pembelajaran-jarak-jauh-pjj-dan-sistem-penilaian-jarak-jauh-berbasis-pengaduan-kpai

Arlinwibowo, J., Retnawati, H., Kartowagiran, B., & Kassymova, G. K. (2020). Distance learning policy in Indonesia for facing pandemic COVID-19: School reaction and lesson plans. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 98(14), 2828–2838.

Azhar, A. (2011). Media pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Bali, S., & Liu, M. C. (2018). Students’ perceptions toward online learning and face-to-face learning courses. Journal of Physics: Conference Series, 1108(1). https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1108/1/012094

Bujuri, A. P. (2015). Pengaruh Motivasi Belajardan Kesiapanbelajar Terhadap Prestasi Belajar Geografi Sma Swadhipa. Jurnal Penelitian Geografi, 3(1), 1–14.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Cronje, J. C. (2020). Towards a new definition of blended learning. Electronic Journal of E-Learning, 18(2), 114–135. https://doi.org/10.34190/EJEL.20.18.2.001

Dalyono. (2007). Psikologi Pendidikan. In Rineka Cipta.

Dax, J., Chapman, R., Ye, C. Y., & van Os, J. (2017). A Project-Based Approach to Executive Education. Journal of Innovative Educations, 15(1), 42–61. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/dsji.12116

Diningrat, S. W. M., Nindya, M. A., & Salwa. (2020). Emergency online teaching: Early childhood education lecturers’ perception of barrier and pedagogical competency. Cakrawala Pendidikan, 39(3), 705–719. https://doi.org/10.21831/cp.v39i3.32304

Dray, B. J., Lowenthal, P. R., Miszkiewicz, M. J., Ruiz-Primo, M. A., & Marczynski, K. (2011). Developing an instrument to assess student readiness for online learning: A validation study. In Distance Education (Vol. 32, Issue 1, pp. 29–47). https://doi.org/10.1080/01587919.2011.565496

Dwi, E. L., Muhsin, & Rozi, F. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Disiplin Belajar, Kompetensi Sosial Guru, Dan Kesiapan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(1).

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Endah, Y., & Romadhiyana, K. S. (2021). Perbandingan Penggunaan Platform Google Classrom dan Grup Whatsapp Dalam Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(1), 238–243. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.v7i1.934

Fatullah, M. B. (2020). Dampak Media Sosial Whatsapp Terhadap Prestasi Belajar Prakarya Kewiraushaan Di SMK Mandiri 02 Balaraja (Studi Pada Program Pendidikan Ekonomi Fkip Unis Tangerang). Journal Of Business Education And Social, 1(1), 29–42.

Gon, S., & Rawekar, A. (2017). Effectivity of E-Learning through Whatsapp as a Teaching Learning tool. MVP Journal of Medical Sciences, 4(1), 19. https://doi.org/10.18311/mvpjms/0/v0/i0/8454

Hasanah, M. F. (2021). Efektivitas Penggunaan Whatsapp Group (Wag) Pada Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Di Masa Pandemi Covid-19. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(2), 82–87. Https://Doi.Org/10.51878/Edutech.v1i2.425

Hastuti, N., & Djanah, S. N. (2020). Literature Review Study: Transmission And Prevention Of The Spread Of Covid-19. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(2), 70–76. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/ANN/article/view/2984

Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Heru, K. (2020). Pandemic learning during the CovId-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21009/Jtp.V22I1.15286

Indaryani, e., & Suliworo, d. (2018). Dampak Pemanfaatan Whatsapp Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Fisika. Prosiding Seminar Nasional Quantum, 25.

Irham, m., & Wiyani, n. a. (2014). Psikologi Pendidikan: Teori Dan Aplikasi Dalam Proses Pembelajaran. Ar-Ruzz Media.

Kaymak, z. d., & Horzum, m. b. (2013). Relationship Between Online Learning Readiness And Structure And Interaction Of Online Learning Students. Kuram Ve Uygulamada Egitim Bilimleri, 13(3), 1792–1797. Https://Doi.Org/10.12738/Estp.2013.3.1580

Kemp, s. (2021). Digital In Indonesia: All The Statistics You Need In 2021 — Datareportal – Global Digital Insights.

Khasanah, Nasan, e., & Jus’Aini. (2021). Effektifitas Media Whatsapp Group Dalam Pembelajaran Daring. Akademika, 10(01), 47–65. Https://Doi.Org/10.34005/Akademika.V10I01.1344

Khusni, s., Munadi, s., & Triyono, m. b. (2020). Students’ Perceptions In Vocational Education On Online Learning During The Covid-19 Pandemic. International Journal Of Evaluation And Research In Education (Ijere), 9(4). Https://Doi.Org/Http://Doi.Org/10.11591/Ijere.V9I4.20766

Kurniawati, w. d., Arigiyati, t. a., & Taufiq, i. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Berbasis Whatsapp Group Berbantuan Lkpd Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(3). Https://Doi.Org/10.30738/Union.V9I3.10000

Mayer, r. e. (2019). Thirty Years Of Research On Online Learning. Applied Cognitive Psychology, 33(2), 152–159. Https://Doi.Org/10.1002/Acp.3482

Mistar, i., & Embi, m. a. (2016). Students’ Perception On The Use Of Whatsapp As A Learning Tool In Esl Classroom. Journal Of Education And Social Sciences, 4, 1–9.

Mulyani, d. (2013). Hubungan Kesiapan Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar. Konselor, 2(1). Https://Doi.Org/10.24036/0201321729-0-00

Nawaila, m. b., & Bicen, h. (2016). Whatsapp As A Tool For Distance Learning. Ponte International Scientific Researchs Journal, 74(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21506/J.Ponte.2018.1.36

Nita, r. (2021). Peran Guru Di Era 4.0 Dalam Pendidikan. Seri Publikasi Pembelajaran, 1(2), 1–12. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/351775976

Norita, w., Sumadi, & Zulkarnain. (2012). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Kesiapan Belajar Dengan Prestasi Belajar Geografi Siswa Kelas x Sma Negeri 1 Kotabumi Lampung Utara Tahun Pelajaran 2011-2012. Jurnal Fkip Unila, 1–10. Http://Jurnal.Fkip.Unila.Ac.Id/Index.Php/ Jpg/Article/Viewfile/661/381

Paylova, m. (2009). Technology And Vocational Education For Suistanable Development. Springer Science & Business Media.

Pendidikan Dan Kebudayaan, k. (2020). Analisis Survei Cepat Pembelajaran Dari Rumah Dalam Masa Pencegahan Covid-19. 07/04/2022Https://Puslitjakdikbud.Kemdikbud.Go.Id/Produk/Buku/Detail/313734/Analisis-Survei-Cepat-Pembelajaran-Dari-Rumah-Dalam-Masa-Pencegahan-Covid19

Pranajaya, h., & Wicaksono. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp (Wa) Di Kalangan Pelajar: Studi Kasus Di Mts Al Muddatsiriyah Dan Mts Jakarta Pusat. Orbith, 14(1), 59–67.

Purba, R. A., Rofiki, I., Purba, P. B., Bachtiar, E., Iskandar, A., Febrianty, Yanti, Simarmata, J., & Dina, C. (2020). Pengantar Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Putri, R., Meldawati, M., & Junaidi, J. K. (2021). Gambaran Motivasi Belajar Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Whatsapp Pada Mata Pembelajaran Sejarah Peminatan Kelas Xi Iis Di Sman 1 Basa Ampek Balai Tapan Kabupaten Pesisir Selatan. Journal On Teacher Education, 3(1). Https://Doi.Org/10.31004/Jote.v3i1.2457

Riyana, C., & Susilana, R. (2017). Media Pembelajaran. Cv.Wacana Prima.

Rizaldi, D. R., & Fatimah, Z. (2020). How The Distance Learning Can Be a Solution During The Covid-19 Pandemic. International Journal Of Asian Education, 1(3). Https://Doi.Org/10.46966/Ijae.v1i3.42

Rosidah, Dwihartanti, M., & Sasmita Wijayanti, N. (2018). Evaluasi Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat) Guru Smk Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Efisiensi-Kajian Ilmu Administrasi Edisi Agustus, 15(2), 33–42.

Rusmiati, A. R., Reza, R., Achmad, S., Syaodih, E., Nurtanto, M., Sultan, A., Riana, A., & Tambunan, S. (2020). The perceptions of primary school teachers of online learning during the COVID-19 pandemic period : A Case study in Indonesia. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 90–109.

Sahid, H. M. (2020). Pengaruh Media Sosial Whatsapp Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Kabupaten Bogor Wilayah Selatan. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 6(2).

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorintasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Persada Media Group 1.

Saptono, Y. J. (2016). Motivasi dan Keberhasilan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1).

Saputra, R. N., Sumarno, & Nas, S. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kesiapan Belajar Online Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fkip Universitas Riau. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9649–9656.

Sardiman, A. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT. Raja Grafindo.

Sholekah, D. D., & Wahyuni, S. (2019). Pemanfaatan Media Sosial dalam Proses Pembelajaran di SMPN 1 Mojo Kediri. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 2(1), 50–60. https://doi.org/10.33367/ijies.v2i1.850

Silalahi, E. R., Gunara, S., & Gunawan, I. (2021). Penggunaan Whatsapp Dalam Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Seni Budaya Oleh Mahasiswa Program Pengenalan Pengalaman Lapangan Satuan Pendidikan (Pplsp). SWARA - Jurnal Antologi Pendidikan Musik, 1(3).

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. PT. Rineka Cipta.

Smith, P. J. (2000). Preparedness for flexible delivery among vocational learners. . Distance Education, 21(1), 29–48.

Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). PEMBELAJARAN DARING KOMBINASI BERBASIS Whatsapp PADA KELAS KARYAWAN PRODI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS PGRI MADIUN. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 8.

Susilawati, S., & Supriyatno, T. (2020). Online Learning Through Whatsapp Group in Improving Learning Motivation in the Era and Post Pandemic COVID -19. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(6). https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i6.13670

Tuwu, D. (2020). KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM PENANGANAN PANDEMI COVID-19. Journal Publicuho, 3(2), 267. https://doi.org/10.35817/jpu.v3i2.12535

Watkins, R., Leigh, D., & Triner, D. (2008). Assessing Readiness for E-Learning. Performance Improvement Quarterly, 17(4). https://doi.org/10.1111/j.1937-8327.2004.tb00321.x

Widhiyasari, M., Umami, N., & Suja’i, I. S. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Whatsapp terhadap Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Kelas X SMK N 2 Boyolanggu TA 2018/2019. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(2), 94–98. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.17977/UM014v12i22019p94

Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13–24. www.journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik

Yuliansah. (2018). Efektivitas Media Pembelajaran Powerpoint Berbasis Animasi. Xv(2), 24–32. https://doi.org/10.21831/efisiensi.v15i2.24491

Zahroh, F. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Whatsapp Terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas IV SDN Pakong 1 Pamekasan masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1).




DOI: https://doi.org/10.21831/efisiensi.v19i2.52663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                            
  
 
Editorial team address :
Department of Administration Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Yogyakarta 
Karangmalang Campus, Yogyakarta, Postal Code 55281
Phone (0274) 586168 line. 1583
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. read more...