Abstract
Manajemen strategik telah banyak mengalami perkembangan yang cukup pesat sejak tahun empatpuluhan. Manfaat manajemen stretegik pada level manapun dapat dipakai sebagai langkah untuk menganalisis peluang-peluang yang diperlukan sebagai alat bantuk utama pengambilan keputusan manajerial guna meminimumkan ketidakpastian dan kompleksitas bisnis. Menghadapi ketidakpastian dan kompleksitas bisnis maka manajemen dituntut memiliki pengetahuan manajemen strategik dalam rangka menetapkan kebijakan bisnisnya atau kebijakan niaganya. Karena manajemen strategik merupakan suatu proses pengambilan keputusan yang berkesinambungan dan dikatikan dengan kemampuan internal dan peluang serta tantangan eksternalnya agar tujuan organisasi dapat dicapai. Dalam praktik (implementasinya) kebijakan niaga merupakan pedoman para manajemen diberbagai level tentang bagaimana tindakan harus dilakukan untuk mencapai tujuan organisasi. Tindakan yang dilakukan bukan sembarang tindakan melainkan berupa perumusan-perumusan dan implementasi dari keputusan-keputusan strategik yang menjadi inspirasi manajemen. Keputusan strategik terdiri dari keputusan jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya perusahaan secara terintegrasi terhindar dari kebocoran-kebocoran yang menyebabkan terjadinya in-efisiensi.
Keywords
manajemen strategik; peluang; tantangan; kompleksitas bisnis
Phone (0274) 586168 line. 1583