PENGARUH BUKU MANAJEMEN ARSIP PERGURUAN TINGGI TERHADAP HASIL BELAJAR KEARSIPAN MAHASISWA ADMINISTRASI PERKANTORAN

Sri Mutmainnah, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan, Indonesia, Indonesia
Ellys Siregar, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan, Indonesia
Gartima Sitanggang, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan, Indonesia

Abstract


Abstrak: Pengaruh Buku Manajemen Arsip Perguruan Tinggi terhadap Hasil Belajar Kearsipan Mahasiswa Administrasi Perkantoran.  Peningkatan hasil belajar Mata Kuliah Kearsipan mahasiswa Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan menjadi sasaran utama dari penelitian ini. Penelitian ini merupakan kelanjutan dari penelitian sebelumnya tentang pengembangan buku Manajemen Arsip Perguruan Tinggi. Metode eksperimen kuasi digunakan untuk melihat dampak dari pengembangan buku Manajemen Arsip Perguruan Tinggi terhadap hasil belajar mahasiswa pada Mata Kuliah Kerasipan. Mahasiswa Program Studi Administrasi Perkantoran yang mengikuti mata kuliah Manajemen Kearsipan berjumlah 31 orang merupakan sampel dalam penelitian ini.  Uji-t dilakukan untuk menganalisis dua kelompok dari data satu kelompok sampel berpasangan melalui perbandingkan data sebelum (pretest) dengan sesudah (post test) perlakuan dari satu kelompok sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Buku Manajemen Arsip Perguruan Tinggi memberikan efek terhadap hasil belajar kearsipan Mahasiswa Administrasi Perkantoran, Jurusan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan. Buku teks yang mengandung konsep dan prosedur pengelolaan arsip aktif dan inaktif serta klasifikasi dan jadwal retensi arsip akan membantu mahasiswa untuk menguasai konsep pengeloaan arsip aktif dan inaktif dengan lebih mudah.

 

Abstract: The Influence of College Archives Management Book on Learning Outcomes of Student Archiving of Office Administration. The goal of this research is to improve the learning outcomes of Students Archiving of the Office Administration of Faculty of Economics, Universitas Negeri Medan. This research is a further research of previous research on the development of Archive Management Book for Higher Education Student. Quasi experimental method is used to see the impact of the development of Archive Management book for Higher Education Student on student learning outcomes in Archive Management Subject. 31 Office Administration students who took Archive Management were selected to be the sample in this study. T-test is used to analyze two groups of data from one paired sample group by comparing the data before and after the treatment of one sample group. The results showed that the use of the Archives Management book for Higher Education Student affected the learning outcomes of the Archive Management Course for Office Administration students at the Faculty of Economics, Universitas Negeri Medan.


Jika Anda menyusun daftar pustaka menggunakan standar American Psychological Association (APA), Anda bisa copy paste teks dibawah ini untuk Anda masukkan pada bagian daftar pustaka Anda!

Mutmainnah, S., Siregar, E., & Sitanggang, G. (2020). Pengaruh Buku Manajemen Arsip Perguruan Tinggi Terhadap Hasil Belajar Kearsipan Mahasiswa Administrasi Perkantoran. Efisiensi-Kajian Ilmu Administrasi, 17(1), 34-41. https://doi.org/10.21831/efisiensi.v17i1.30438



Keywords


manajemen arsip; kompetensi kearsipan; archive management; archiving competence

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. (2014). Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: Rosda Karya

Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Riasmiati, A. (2016). Manajemen Kearsipan. Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan. https://doi.org/10.22146/khazanah.22880

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Undang-Undang No 43 Tahun 2009

Sedarmayanti. (2003). Tata Kearsipan dengan Memanfaatkan Teknologi Modern. Bandung: Mandar Maju

Setyawan, H. (2016). Lembaga Kearsipan Perguruan Tinggi, Upaya Institusi Menjawab Tantangan Zaman. Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan. https://doi.org/10.22146/khazanah.22943

Santoso, Singgih .2014. SPSS 22 From Essential to Ekspert Skills. Jakarta: Gramedia

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Supardi. (2013). Aplikasi Statistik dalam Penelitian Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Jakarta: Chage Publication

Suprastiwi, Z. A., Chandrayanti, I., Azmi, Agustiani, R., & Widayanti, T. S. (2016). Jurnal kearsipan. Jurnal Kearsipan, 11, 1–135.

Suyono. (2011). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Trianto Ibnu Badar al-Tabany. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstuall. Jakarta: Prenadamedia Grup.




DOI: https://doi.org/10.21831/efisiensi.v17i1.30438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                            
  
 
Editorial team address :
Department of Administration Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Yogyakarta 
Karangmalang Campus, Yogyakarta, Postal Code 55281
Phone (0274) 586168 line. 1583
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. read more...