JATI DIRI BANGSA DAN POTENSI SUMBER DAYA KONSTRUKTIF SEBAGAI ASET EKONOMI KREATIF DI INDONESIA

Zumrotus Sa'adah, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia, Indonesia

Abstract


Abstrak: Jati Diri Bangsa dan Potensi Sumber Daya Konstruktif Sebagai Aset Ekonomi Kreatif di Indonesia. Di tengah era pasar bebas ASEAN, menjadi negara yang unggul kompetitif adalah tugas masyarakat bersama dengan jati diri yang kokoh dengan memanfaatkan kekayaan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran jati diri bangsa dan potensi sumber daya konstruktif yang dapat dijadikan aset ekonomi kreatif di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yaitu penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperlukan sebuah identitas tentang jati diri bangsa yang dapat ditempuh melalui pendidikan karakter sehingga dapat menciptakan sumber daya manusia yang kreatif. Sedangkan untuk menumbuhkembangkan industri kreatif dapat ditempuh dengan strategi kolaborasi antara nilai budaya lokal dengan kebutuhan global menjadi produk globalisasi.

 

Kata Kunci: jati diri bangsa, sumber daya konstruktif, ekonomi kreatif.

 

Abstract: National Identity and Constructive Resource Potential As a Creative Economy Asset in Indonesia. This study aims to understand the role of national identity and potential resources as a creative economy asset in Indonesia. This research is a literature study. The results show that a national identity is necessary to create creative human resources through character education. Additionally, to develop creative industries, integration between local cultural values and global needed approach can be taken.

 

Keywords: national identity, resources constructive, creative economy.


Keywords


jati diri bangsa; sumber daya konstruktif; ekonomi kreatif

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. (2010) Kewirausahaan: untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Alfabeta.

Arif, Arifudin M. (2012) Education for Generation. Sulawesi Tengah: EnDeCe Press.

Arthurian. (2014). Ekonomi Kreatif Berkontribusi 7% ke PDB Indonesia. Diakses dari http://economy.okezone. com/read/2014/10/21/320/1054971/ekonomi-kreatif-berkontribusi-7-ke-pdb-indonesia pada tanggal 30 April 2015.

Azis, Fauzan. (2012) Perkembangan Industri dan Ekonomi Kreatif di Indonesia. Diakses dari https://fauzanaziz.wordpress.com/tag/ekonomi-kreatif/ pada tanggal 30 April 2015.

Bank Indonesia, Departemen Statistik Ekonomi dan Moneter. Metadata Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Diakses dari http://www.bi.go.id/id/statistik/metadata/ sekda/Documents/8PDRBSEKDA1.pdf pada tanggal 18 April 2015.

Creatips. (2014) Kontribusi Ekonomi Kreatif Terhadap PDB. Diakses dari http://creatips.net/kontribusi-ekonomi-kreatif-terhadap-pdb/ pada tanggal 30 April 2015.

Efendi, Taufiq. (2008) Jati Diri Bangsa Indonesia Menuju Indonesia Jaya. Jakarta: Exatama Mediasindo.

Maemonah. (2012) Aspek-aspek dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Tarbiyah, Vol. 10, No. 1, Juni 2012.

Marchaela. (2015) Yuk Kenali 10 Kain Tradisional Indonesia. Diakses dari http://klikhotel.com/blog/yuk-kenali-10-kain-tradisional-indonesia/ pada tanggal 20 April 2015.

Marizar, Eddy Supriyatna. (2012) Pengembangan Industri Kreatif di Era Pasar Bebas Asean. Laporan Penelitian. Jakarta: Universitas Tarumanegara.

Perbawa, Arip. (2012) Kesiapan Masyarakat Indonesia Menuju Masyarakat Ekonomi Asean 2015. Artikel. Manajemen FEB Unpad.

Setiawan, Edi. (2014) Peran Pemuda Hadapi Pasar Asean. Diakses dari http://www.harianhaluan.com/index.php/opini/33284-peran-pemuda-hadapi-pasar-asean pada tanggal 30 April 2015.

Somantri, Gumilar Rusliwa, Rektor Universitas Indonesia. (2010). Jati Diri Bangsa. Disampaikan pada Seminar Etnopedagogik dan Pengembangan Budaya Sunda yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Budaya Sunda Sekolah Pascasarjana UPI, pada tanggal 23 September 2010.

Sukirno, Sadono. (2008) Mikro Ekonomi.Teori Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sunyoto. (2007) Perluasan Sekolah Menengah Kejuruan dan Implikasinya terhadap Kebutuhan Guru. Jurnal Ilmu Kependidikan, Jilid 36, No. 2, Desember 2007.

Wagiran (2010) Implementasi Pendidikan Karakter dalam Menyiapkan Tenaga Kerja Kejuruan Menghadapi Tantangan Global. Laporan Penelitian. Yogyakarta: LPPM UNY.




DOI: https://doi.org/10.21831/economia.v11i2.8239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Archive, Citation & Indexing:

More archive, citation, & indexing...

Creative Commons License

This site is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License