Pengembangan Video Tutorial pada Pembelajaran Sistem Starter di SMK Ma’arif 1 Nanggulan

Nur Alvianto, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
Nurcholish Arifin Handoyono, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
Dianna Ratnawati, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

Abstract


Pembelajaran daring yang dilakukan dimasa pandemi covid-19 oleh pemerintah Indonesia sebagai pencegahan penularan penyakit. Kendala yang dialami siswa SMK Ma’arif 1 Nanggulan pada saat pembelajaran daring yaitu belum ada media yang tepat digunakan siswa untuk belajar secara mandiri. Penggunaan video tutorial dapat dimanfaatkan siswa sebagai bahan pembelajaran daring maupun luring. Penelitian ini memiliki tujuan menghasilkan media video tutorial serta menguji kelayakan video tutorial. Penelitian pengembangan (Researce and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4D yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Subjek penelitian yaitu ahli materi, ahli media dan siswa kelas XI TKR. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan teknik analisis data yaitu diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan kelayakan video tutorial untuk standar kompetensi melakukan pemeriksaan sistem starter mendapatkan hasil layak berdasarkan uji kelayakan oleh ahli materi mendapat persentase 72,5% dengan kriteria “Layak”, oleh ahli media mendapatkan persentase 83,75% dengan kriteria “Sangat Layak”, serta respon siswa pada kelompok kecil mendapatkan persentase 79,28 % dengan kriteria “Layak” dan respon siswa pada kelompok besar mendapatkan persentase 74,3% dengan kriteria “Layak”. Berdasarkan data tersebut maka media video tutorial untuk standar kompetensi melakukan pemeriksaan sistem starter layak digunakan.

Keywords


Pengembangan; Video Tutorial; Sistem Starter

Full Text:

89-98 (PDF)

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. In Jakarta: Rineka Cipta. Rineka Cipta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Aurum, E. V., & Surjono, H. D. (2021). Mobile-Based Interactive Learning Multimedia to Improving Problem Solving Ability in Vocational Secondary School. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(4). https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i4.28611

Azhar, A. (2011). Media Pembelajaran. In Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Fuady, R., & Mutalib, A. A. (2018). Audio-Visual Media in Learning. Journal of K6, Education, and Management, 1(2). https://doi.org/10.11594/jk6em.01.02.01

Gani, B. O. P., Handoyono, N. A., & Purnomo, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaraan Festo Fluidsim pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif. STEAM Engineerig, 3(2), 97–104. https://doi.org/https://doi.org/10.37304/jptm.v3i2.4168

Gonzalves, A., Verhaeghe, C., Bouet, P. E., Gillard, P., Descamps, P., & Legendre, G. (2018). Effect of the use of a video tutorial in addition to simulation in learning the maneuvers for shoulder dystocia. Journal of Gynecology Obstetrics and Human Reproduction, 47(4). https://doi.org/10.1016/j.jogoh.2018.01.004

Handoyono, N. A., & Rabiman, R. (2020). Development of android-based learning application in EFI materials for vocational schools. Journal of Physics: Conference Series, 1456(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1456/1/012050

Handoyono, Nurcholish Arifin. (2019). Development Of Media Trainer Kit Charging System To Improve Effectiveness Automotive Electrical Practices. Journal of Mechanical Engineering Education.

Handoyono, Nurcholish Arifin, & Mahmud, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Pembelajaran Electronic Fuel Injection. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi. https://doi.org/10.24036/invotek.v20i2.791

Haryanti, S., & Suwerda, B. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Praktik Pada Mata Kuliah Keselamatan Dan Kesehatan Kerja. Jurnal Pendidikan, 10(1). https://doi.org/10.36232/pendidikan.v10i1.806

Muhtarom, H. (2021). Learning Strategies for E-Learning In Primary Schools Through Use of Zoom Meeting Technology in the Covid-19 Pandemic Era. Basic and Applied Education Research Journal, 2(1). https://doi.org/10.11594/baerj.02.01.05

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003. Sekretariat Negara. https://doi.org/10.16309/j.cnki.issn.1007-1776.2003.03.004

Sari, P. P., & Ardianti, D. (2021). Implementation of Problem Based Learning ( PBL ) on Interactive Learning Media. Journal of Technology and Humanities, 2(2).

Spöttl, G. (2013). Permeability between VET and higher education - a way of human resource development. European Journal of Training and Development, 37(5), 454–471. https://doi.org/10.1108/03090591311327286

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (2016). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Leadership Training Institute/Spesial Education, University of Minnesota. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2

Umaroh, S. T., Soeryanto, S., Warju, W., & Muslim, S. (2022). Peningkatan Kualitas Proses dan Prestasi Belajar Siswa SMK Teknik Otomotif dengan Blended Learning di Masa Pandemi Covid-19. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2068

Zulfiati, H. M. (2020). Pendidikan Karakter Perspektif Ki Hadjar Dewantara melalui Penguatan Modal Budaya. CV. Amerta Media.




DOI: https://doi.org/10.21831/dinamika.v7i2.52544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons 

Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin by http://journal.uny.ac.id/index.php/dynamika was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 

 

 

in collaboration with:

 

 

View My Stats