Pengembangan E-modul Sistem Pendingin Berbasis Website Google Sites Untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan

Mahmudin Mahmudin, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Indonesia
Dianna Ratnawati, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Indonesia
Alfat Khaharsyah, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul sistem pendingin untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan Kelas X. Metode yang digunakan adalah research and development yang terdiri dari 10 tahapan: 1) mencari potensi masalah, 2) mengumpulkan informasi, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) perbaikan desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba lapangan, 9) revisi produk, dan 10) penyebaran produk. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Penilaian dari ahli materi dan ahli media diperoleh hasil dalam kategori layak. Uji coba skala kecil pada 5 siswa dan skala besar pada 27 siswa diperoleh hasil dalam kategori sangat baik. Hasil analisis menunjukkan bahwa e-modul layak digunakan untuk pembelajaran.


Keywords


pengembangan e-modul, media pembelajaran, sistem pendingin mesin

Full Text:

PDF

References


Agus Prasetya. 2021. Electronic module development with project based learning in web programming courses. International Journal of Computer and Information System (IJCIS). Volume 2. Nomor 3, 69-72.

Aprida Pane & Muhammad Darwis Dasopang. 2017. Belajar dan pembelajaran. Fitrah Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman. Volume 3. Nomor 2, 333-352.

Danang Sudibyo & Dwi Rahdiyanta. 2021. Development of product-based e-modul of manufacturing helical gears in Mechanical Engineering. American Journal of Educational Research, Volume 9, Nomor 4, 212-217.

Dianna Ratnawati, Rusdi Martono, Rabiman. 2020. Pengembangan e-modul sistem rem untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin. Volume 5, Nomor 1, 20-26.

Dirat Mahadiraja & Syamsuarnis. 2020. Pengembangan modul pembelajaran berbasis daring pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik T.P 2019/2020 di SMK Negeri 1 Pariaman. Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional. Volume 6. Nomor 1, 77-82.

Jamaluddin Iskandar. 2019. Implementasi sistem manajemen keuangan pendidikan. Jurnal Idaarah. Volume 3. Nomor 1, 114-123.

LM. Zulfahrin UZ, Haryono, Sri Wardani. 2019. The development of chemical e-module based on problem of learning to improve the concept of student understanding. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology. Volume 8. Nomor 2, 59–66.

Mustofa Abi Hamid. 2020. Media pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Nita Sunarya Herawati & Ali Muhtadi. 2018. Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. Volume 5. Nomor 2, 180-191.

Rika Dwi Kurniati, Doni Andra, I Wayan Distrik. 2021. E-module development based on PBL integrated STEM assisted by social media to improve critical thinking skill: A preliminary study. Journal of Physics: Conference Series 1796 (1): 012077.

Sigit Purnomo, Elyas Djufri, Alfat Khaharsyah. 2020. Pendidikan jarak jauh (PJJ) berbasis e-learning edmodo mahasiswa Pendidikan Vokasional Teknik Mesin. Jurnal Taman Vokasi. Volume 8. Nomor 2, 73-78.

Sugiyono. 2013. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2012. Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Suleha. 2019. Pengembangan modul pembelajaran mata pelajaran produktif dalam rangka peningkatan kompetensi siswa usaha perjanalan wisata di SMK Negeri 1. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur. Volume 8. Nomor 2, 83-96.

Teni Nurrita. 2018. Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Misykat Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah. Volume 3. Nomor 1, 171-187.




DOI: https://doi.org/10.21831/dinamika.v7i1.48726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons 

Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin by http://journal.uny.ac.id/index.php/dynamika was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 

 

 

in collaboration with:

 

 

View My Stats