PENILAIAN HASIL BELAJAR PRAKTIK PEMESINAN BUBUT DI SMK N 1 GOMBONG DI MASA COVID-19

Alif Hidayat, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Badrun Kartowagiran, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pada mata pelajaran pemesinan bubut selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Data yang digunakan pada penelitian ini berasal dari dua guru mata pelajaran pemesinan bubut dan siswa kelas XI Teknik Pemesinan sejumlah 85 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan data penelitian diperoleh bahwa proses pembelajaran di SMK N 1 Gombong berjalan dengan baik dan didukung dengan fasilitas praktik yang baik. Berdasarkan pendapat siswa dihasilkan bahwa pihak sekolah sudah sangat baik dengan melaksanakan praktik secara langsung, tetapi waktu yang singkat pada saat praktik menjadi kurang efektif untuk kompetensi membubut yang siswa peroleh. Pelaksanaan penilaian yang dilakukan oleh guru dibagi menjadi tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengolahan nilai. Berdasarkan data, analisis, dan pembahasan, ketiga tahapan penilaian sudah masuk kategori sangat baik.

Keywords


Hasil Belajar; Pemesinan Bubut; Covid-19

Full Text:

PDF

References


Alma, A.M., & Paryanto. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Mata Pelajaran Dasar Teknik Mesin Kelas X di SMK N 1 Pundong. JPVTM, 8(1), (1-5).

Daldiyono. (2009). How to Be a Real and Successful Student. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Daryanto. (2009). Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta: AV Publisher.

Mulyasa, E., (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Maisaroh & Roestrieeningsih. (2010). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team Pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi di SMK Negeri 1 Bogor. JEP, 8((2), (157-172).

Mardapi, D., (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Penerbit Mitra Cendekia Press.

Pramana, K.A.B., & Putra, D.B.K.N.S., (2019). Merancang Penilaian Autentik. Bali : CV Media Educations.

Rahdiyanta, D., Hargiyarto, P., dan Asnawi. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Praktik Berbasis Collaborative Skill Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi Vokasi. JDVTM, 1(1). (1-9).

Sudjana, N., (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Wijanarka, B.S., (2014). Pemrograman Mesin CNC. Yogyakarta : FT UNY




DOI: https://doi.org/10.21831/dinamika.v6i2.44137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons 

Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin by http://journal.uny.ac.id/index.php/dynamika was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 

 

 

in collaboration with:

 

 

View My Stats