KEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BERBASIS PRODUK UNTUK MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA

Elfahmi Dwi Kurniawan, Universitas Sriwijaya, Indonesia
Nopriyanti Nopriyanti, Universitas Sriwijaya, Indonesia
Darlius Darlius, Universitas Sriwijaya, Indonesia

Abstract


Metode pembelajaran berbasis produk ini menerapkan penelitian quasi eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun 2020. Populasi penelitian adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Praktik Kerja Plat semester genap tahun akademik 2020/2021. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kefektifan pembelajaran berbasis produk untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan mahasiswa dengan menghasilkan produk lampu hias dari plat seng. Untuk mengukur tingkat efektivitas metode pembelajaran, digunakan uji normalitas gain. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa pembelajaran berbasis produk mampu meningkatkan skor jiwa kewirausahaan mahasiswa. Ada peningkatkan jiwa kewirausahaan mahasiswa sebelum dan sesudah perlakuan yaitu sebesar 10,24 point. Kategori pencapaian semula pada tingkat pencapaian pretest CUKUP BAIK menjadi BAIK pada posttest sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis produk efektif dalam meningkatkan jiwa kewirausahaan mahasiswa.

Keywords


Pembelajaran berbasis produk; jiwa kewirausahaan mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Abdullah, W. A. F. (2019) ‘Strategi Pengembangan SDM dalam Persaingan Bisnis Industri Kreatif di Era Digital’, ‘Adliya Jurnal Hukum dan Kemanusiaan, 13(1).

Alomary, B. A. et al. (2017) ‘Teachers, Are They Really Needed?’, Creative Education, 08(13), pp. 2164–2176. doi: 10.4236/ce.2017.813147.

Banu, S. H. B. (2009) ‘Pengembangan Jiwa Kewirausahaan di Kalangan Dosen dan Mahasiswa’, Jurnal Ekonomi Bisnis, (2), pp. 114–122. Available at: BB Siswoyo - Jurnal Ekonomi Bisnis, 2009 - fe.um.ac.id.

Basri, I. Y. et al. (2019) ‘Implementasi Pembelajaran Berbasis Produk Dalam Rangka Menyiapkan Lulusan SMK Menjadi Wirausahawan Muda’, INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 19(1), pp. 43–52. doi: 10.24036/invotek.v19i1.433.

BNSP (2008) Model-Model Pembelajaran SMK. Available at: https://www.academia.edu/34895320/Model_model_pembelajaran_smk.

Fahmi, I. (2014) Kewirausahaan Toeri, Kasus dan Solusi. Bandung: Alfabeta.

Fahri, Jalil, A. and Kasnelly, S. (2020) ‘Meningkatnya angka pengangguran ditengah pandemi (COVID-19)’, Al Mizan:Jurnal Ekonomi Syariah, 2(2), pp. 45–60.

Ganefri (2013) ‘The development of production-based learning approach to entrepreneurial spirit for engineering students’, Asian Social Science, 9(12 SPL ISSUE), pp. 162–167. doi: 10.5539/ass.v9n12p162.

Ganefri and Hidayat, H. (2015) ‘Production based Learning: An Instructional Design Model in the Context of Vocational Education and Training (VET)’, Procedia - Social and Behavioral Sciences. Elsevier B.V., 204(November 2014), pp. 206–211. doi: 10.1016/j.sbspro.2015.08.142.

Harnani, N., Amijaya, D. T. and Setiadiwibawa, L. (2020) ‘Model Pembelajaran Kewirausahaan Kreatif Melalui Praktek Usaha Dalam Menumbuhkan Kreatifitas Dan Inovatif Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Manajemen Di Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Winaya Mukti Kota Bandung)’, Sosiohumaniora, 22(1), pp. 79–87. doi: 10.24198/sosiohumaniora.v22i1.24510.

Hidayat, H. (2017a) ‘How is the Application and Design of a Product-Based Entrepreneurship Learning Tools in Vocational Higher Education?’, in 1st International Conference on Technology and Vocational Teachers (ICTVT 2017), pp. 223–228. doi: 10.2991/ictvt-17.2017.38.

Hidayat, H. (2017b) ‘Impact of Learning with the Production- Based Learning Model in Vocational School’, International Journal of Research in Engineering and Social Sciences, 07(2), pp. 1–6.

Hidayat, H. et al. (2018) ‘Pembelajaran Kewirausahan Dengan Pendekatan Berbasis Produksi Sebagai Alternatif Mempersiapkan Lulusan Berkualitas Di Pendidikan Tinggi’, in Seminar Nasional Pakar ke 1, pp. 123-. Available at: http://trijurnal.lemlit.trisakti.ac.id/index.php/pakar/article/download/2709/2339.

Jeprimansyah, J., Ganefri, G. and Ambiyar, A. (2019) ‘Development of Product Based Learning Models on Multimedia Learning Materials in SMK N 2 Padang’, in 5th UPI International Conference on Technical and Vocational Education and Training (ICTVET 2018), pp. 431–433. doi: 10.2991/ictvet-18.2019.98.

Kusumaningrum, I., Ganefri, G. and Hidayat, H. (2015) ‘Improving Students Entrepreneurial Interest using Production Based Learning Model in TVET’, in The 3rd UPI International Conference on Technical and Vocational Education and Training (TVET). Bandung: Atlantis Press, pp. 69–74. doi: 10.2991/ictvet-14.2015.17.

Marsellina, V. J. and Sugiharto, Y. (2019) ‘Identifikasi Jiwa Kewirausahaan pada Pemilik Elisabeth Max di Semarang’, Jemap, 1(2), p. 242. doi: 10.24167/jemap.v1i2.1781.

Monoarfa, S. (2020) ‘Akhir 2020, Pengangguran Diramal Naik hingga 9,2 Persen Akibat Covid-19’, ekonomi.bisnis.com, September. Available at: https://ekonomi.bisnis.com/read/20200902/9/1286272/akhir-2020-pengangguran-diramal-naik-hingga-92-persen-akibat-covid-19.

Mursid, R. (2013) ‘Pengembangan Model Pembelajaran Praktik Berbasis Kompetensi Berorientasi Produksi’, Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(1), pp. 27–40. doi: 10.21831/cp.v5i1.1257.

Nasution, A. H. (2007) Entrepreneurship Membangun Spirit Teknopreneurship. Yogyakarta: Andi Offset.

Nulhaqim, S. A., Fedryansyah, M. and Hidayat, E. N. (2020) ‘Pengembangan Usaha Baru Bagi Warga Terdampak Kebijakan Penanganan Covid-19 Yang Memiliki Motivasi Wirausaha Di Rw 05 Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung’, Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 2(2), p. 150. doi: 10.24198/jkrk.v2i2.29125.

Ríos, I. D. L. et al. (2010) ‘Project-based learning in engineering higher education: Two decades of teaching competences in real environments’, Procedia - Social and Behavioral Sciences. Elsevier Ltd, 2(2), pp. 1368–1378. doi: 10.1016/j.sbspro.2010.03.202.

Sanjaya, W. (2006) Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Saragih, R. (2017) ‘Membangun USAha Kreatif, Inovatif dan Bermanfaat melalui Penerapan Kewirausahaan Sosial’, Jurnal Kewirausahaan, 3(2), pp. 26–34.

Siswanto, I. (2011) ‘Seminar Nasional 2011 “Wonderful Indonesia’, in. Yogyakarta, pp. 1–13.

Sriasih, S. A. P. et al. (2020) ‘Problematika Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW)’, Jurnal bahasa, seni, dan pengajarannya, 15(01), pp. 22–33. doi: 10.23887/prasi.v15i01.

Sudira, P. (2016) TVET Abad XXI: Filosofi, Teori, Konsep, dan Strategi Pembelajaran Vokasional. Yogyakarta: UNY Press.

Sudjana, N. (2005) Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono (2014) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suroto, B., Nofrizal and Fatkhurahman (2016) ‘Identifikasi Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa (Studi Kasus Pelaksanaan Program Unggulan Kewirausahaan)’, Jurnal Benefita, 1(3), pp. 154–162. doi: 10.22216/jbe.v1i3.459.

Syahrial (2020) ‘Dampak Covid-19 terhadap Tenaga Kerja - Kompasiana’, Ners, 4(23), pp. 21–29.

Tanjung, H. W. (2015) ‘Menjadi wirausahawan bagi mahasiswa Alterntif mengatasi pengangguran terdidik’, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 21(82), pp. 42–47.

Thompson, J. F. (1973) Foundations of vocational education: Social and philosophical concepts. New Jersey: Prentice-Hall.

Tribunnews.com (2020) ‘Teten : Jumlah Wirausahawan di Indonesia Masih Terlalu Kecil’. Available at: https://www.tribunnews.com/bisnis/2020/08/31/teten-jumlah-wirausahawan-di-indonesia-masih-terlalu-kecil.

Wahyuningrum, D. and Prihantoro, C. R. (2019) ‘Kewirausahaan Sebagai Solusi Masalah Ketenagakerjaan di Era Fourth Industrial Revolution (“ 4IR ”)’, Jurnal Inovasi Manajemen Ekonomi dan Akuntansi, 1(1).

Wardina, U. V., Jalinus, N. and Asnur, L. (2019) ‘Kurikulum Pendidikan Vokasi Pada Era Revolusi Industri 4.0’, Jurnal Pendidikan, 20(1), p. 82. doi: 10.33830/jp.v20i1.843.2019.

Wibowo, M. (2011) ‘Pembelajaran Kewirausahaan dan Minat Wirausaha Lulusan SMK’, Eksplanasi, 6(2), pp. 109–122.

Widiyarini (2018) ‘Mengurangi Pengangguran Terdidik dengan Meningkatkan Semangat Kewirausahaan Melalui Pelatihan Jasa Laundry’, Sosio e-Kons, 10(3), pp. 199–206.

Yuliani, N., Novita, D. and Pramestari, D. (2019) ‘Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Kawula Muda Di Era Milenial Melalui Pendekatan Inside-Out’, Ikraith-Abdimas, 2(2), pp. 12–22. Available at: https://media.neliti.com/media/publications/268416-menumbuhkan-jiwa-wirausaha-kawula-mudadi-8c70e932.pdf.




DOI: https://doi.org/10.21831/dinamika.v6i2.44134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons 

Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin by http://journal.uny.ac.id/index.php/dynamika was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 

 

 

in collaboration with:

 

 

View My Stats