Pengembangan Tata Letak Bengkel dan Program Praktik Fabrikasi Logam di SMK N 1 Seyegan

Aris Sulistyo, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY
Putut Hargiyarto, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY

Abstract


The purpose of this research and development are to plan a workshop layout, a program for practical works and to identify the inhibiting and supporting factors in the implementation stage. The development model used uses Analysis, Design, Implementation, and Evaluation. The subject of the research and development are teachers and technicians working in Metal Fabrication Workshops.  The data were collected using observation, interviews, and documentation. The results of the study are metal fabrication workshop layouts, practical work program, and identification of the inhibiting and supporting factors in the research and development.


Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan layout bengkel, program praktik dan identifikasi faktor penghambat, pendukung. Model pengembangan menggunakan Analisis, Desain, Implementasi dan Evaluasi. Subjek pada penelitian dan pengembangan ini adalah Guru dan Teknisi Bengkel Teknik Fabrikasi Logam. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil berupa layout bengkel praktik fabrikasi logam, komponen program praktik dan identifikasi faktor pendukung, penghambat dalam penelitian dan pengembangan


Keywords


pengembangan bengkel, layout bengkel, tata letak dan program praktik fabrikasi

Full Text:

FULLPAPER

References


Agus Triyanto, (2013). Optimalisasi Pemanfaatan Peralatan Bengkel Pemesinan di SMK Muhammadiyah 1 Salam. Tugas Akhir Skripsi. Tidak Diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Dimyati dan Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Helmut Nolker. (1983). Pendidikan Kejuruan: Pengajaran, Kurikulum, Perencanaan. Jakarta: Gramedia.

Muhammad Yusuf Ikhsan, (2014). Evaluasi Penggunaan Program 2 Shift pada Pembelajaran Praktik Pemesinan di SMK Pangudi Luhur Muntilan. Tugas Akhir Skripsi. Tidak Diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Peraturan Menteri. (2008). Peraturan Mentri Pendidikan Nasional No.40 Tahun 2008 Tentang Standar Sarana Dan Prasarana Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMA/MAK).

Peraturan Pemerintah. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2013 Pasal 1 Ayat 20 Tentang Pembelajaran.

Peraturan Pemerintah. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2013 Pasal 15 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Rinanto Roesman. (1998). Keterampilan Psikomotor. Jakarta: P2LPTK. Depdikbud.

Syahril Is. (2012). Model Analisis Pencapaian Kompetensi Kejuruan Berdasarkan Fasilitas Praktik Pada Sekolah Menengah Kejuruan Dengan Pendekatan Sistem Dinamis. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 13 No. 2 Oktober 2012.




DOI: https://doi.org/10.21831/dinamika.v4i1.24277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL DINAMIKA VOKASIONAL TEKNIK MESIN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons 

Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin by http://journal.uny.ac.id/index.php/dynamika was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 

 

 

in collaboration with:

 

 

View My Stats