Penerapan Perangkat Praktik Pengecoran Aluminium pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik Untuk Siswa SMK
Tiwan Tiwan,
Arianto Leman,
Abstract
This article presents the application of aluminum casting foundry practice equipment in SMK N 1 Magelang and the evaluation of the learning achievement. The research methods being used was quasi-experiment with Pretest-Posttest Control Group Design. The population of this research was all of the 126 X grade students of Machining department. The sampling using the incidental sampling methods resulting in the choice of MC and MA class, each having 31 students as samples. MC class was selected as a control group and MA was class selected as the treatment group. Data collection was carried out using observation and test and then analyzed using Sign Test. The experiment resulted in 30 students of the treatment group passed the minimum mastery criteria (score 75), while for the control group it is only 10 students. The learning achievements of the treatment group in average was 82.78 which is higher than the control group with an average of 72.43. The increase in the average learning achievements for the treatment group is 37 % while for the control group is 25 %.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang menggunakan perangkat praktik pengecoran aluminium pada mata pelajaran Teknologi Mekanik di SMK. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan Pretest Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Magelang yang berjumlah 126 siswa. Kelas X MC dan X MA dengan masing-masing 31 siswa dipilih menjadi sampel dengan metode sampling insidental. Kelas X MC dipilih sebagai kelompok kontrol dan kelas X MA dipilih sebagai kelompok perlakuan. Data dikumpulkan dengan observasi dan tes, kemudian dianalisis menggunakan uji tanda. Setelah diberikan tindakan diketahui bahwa siswa yang mencapai KKM (75) pada kelompok perlakuan sebanyak 30 siswa, sedangkan pada kelompok kontrol hanya 10 siswa. Rata-rata prestasi belajar kelompok perlakuan adalah 82,78 sedangkan kelompok kontrol 72,43. Peningkatan rata-rata prestasi belajar kelompok perlakuan mencapai 37% sedangkan kelompok kontrol 25%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Baroto, R. (t.thn.). academia.edu. Dipetik 12 06, 2016, dari academia.edu: http://www.academia.edu/9042487/SK_DIRJEN_MENDIKBUD_-_SPEKTRUM_PENDIDIKAN_SMK
Depdiknas. (t.thn.). pendis.kemenag.go.id. Dipetik 12 06, 2016, dari pendis.kemenag.go.id: http://pendis.kemenag.go.id/file/dokumen/uuno20th2003ttgsisdiknas.pdf
Fitrianto. (2016). Implementasi Tungku Pelebur Logam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pengecoran Logam Siswa Kelas X Jurusan Teknik Pemesinan di SMK Muhamadiyah Prambanan . Yogyakarta: UNY.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
DOI: https://doi.org/10.21831/dinamika.v2i1.13501
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 JURNAL DINAMIKA VOKASIONAL TEKNIK MESIN
Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin by http://journal.uny.ac.id/index.php/dynamika was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats