PENGEMBANGAN PERANGKAT PERKULIAHAN BERBANTUKAN PADUAN Cmap Tools DENGAN LEARNING CYCLE GUNA MEMBEKALI INTEGRATING SUBJECT ABILITY BAGI CALON GURU DALAM RANGKA MENYONGSONG PERUBAHAN KURIKULUM
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan Rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar kerja mahasiswa menggunakan teknologi peta konsep (Cmap Tools)
dan model siklus belajar guna membekali kemampuan mengintegrasi mata pelajaran untuk calon guru. Penelitian ini menggunakan metode Research &
Development (R & D) dan menganut model pengembangan Plomp (1994). Subyek coba yang digunakan adalah mahasiswa PGSD kelas VG A sebanyak 7 orang. Uji coba dilakukan dalam dua uji coba, yakni uji coba perseorangan dan uji coba
kelompok kecil. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan angket. Angket dipergunakan dalam rangka memvalidasi kepada expert, sedangkan tes
dipergunakan untuk mengungkapkan kemampuan calon guru dalam mengintegrasikan mata pelajaran. Analisis data hasil angket dan tes menggunakan
75tatistic deskriptif dan konversi ke dalam data kualitatif sebagai wujud degree of
achievement. Hasil uji coba perseorangan menunjukkan bahwa perangkat perkualiahan mencapai tingkat “cukup” efektif, sedangkan hasil uji coba uji coba kelompok kecil menunjukkan hasil “baik” dan “sangat baik.” Rencana pelaksanaan pembelajaran yang mampu membekali kemampuan mengintegrasikan mata pelajaran memuat model siklus belajar 5 E (engagement, exploration, explanation, elaboration, dan evaluation). Tahapan engagement berisi motivasi menggunakan pentingnya kemampuan mengintegrasi mata pelajaran dalam kurikulum terbaru (2013); tahapan exploration berisi aktivitas mengeksplorasi software Cmap Tools dan dokumen kurikulum 2006, dan membuat representasi integrasi mata pelajaran dalam bentuk peta konsep menggunakan Cmap Tools, tahapan explanation berisi aktivitas penjelasan dari peta konsep yang telah dibuat; tahapan elaboration adalah menerapkan dalam kurikulum 2013, sedangkan tahapan evaluation adalah menilai produk. Lembar Kerja Mahasiswa disusun dengan memberikan kesempatan mahasiswa bereksplorasi dengan software Cmap Tools dan mengarahkan mahasiswa untuk fokus pada kata benda/frase kebendaan pada kompetensi dasar untuk keperluan mengintegrasikan konsep antarmapel.
Kata kunci: Cmap Tools, Learning Cycle, Integrating Subject Ability
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN: 0853-151x (printed) 2580-6640 (online)
Dinamika Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/dinamika-pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/dinamika-pendidikan.
All rights reserved p-ISSN: 0853-151X e-ISSN: 2580-6640
View My Stats