PENGEMBANGAN PERANGKAT PERKULIAHAN BERBANTUKAN PADUAN Cmap Tools DENGAN LEARNING CYCLE GUNA MEMBEKALI INTEGRATING SUBJECT ABILITY BAGI CALON GURU DALAM RANGKA MENYONGSONG PERUBAHAN KURIKULUM

Ikhlasul Ardi Nugroho,

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan Rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar kerja mahasiswa menggunakan teknologi peta konsep (Cmap Tools)

dan  model  siklus  belajar  guna  membekali  kemampuan  mengintegrasi  mata pelajaran  untuk  calon  guru.  Penelitian  ini  menggunakan  metode  Research  &

Development (R & D) dan menganut model pengembangan Plomp (1994). Subyek coba yang digunakan adalah mahasiswa PGSD kelas VG A sebanyak 7 orang. Uji coba dilakukan dalam dua uji coba, yakni uji coba perseorangan dan uji coba

kelompok kecil. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan angket. Angket dipergunakan   dalam   rangka   memvalidasi   kepada    expert,   sedangkan   tes

dipergunakan untuk mengungkapkan kemampuan calon guru dalam mengintegrasikan mata pelajaran. Analisis data hasil angket dan tes menggunakan

75tatistic deskriptif dan konversi ke dalam data kualitatif  sebagai wujud degree of

achievement. Hasil uji coba perseorangan menunjukkan bahwa perangkat perkualiahan mencapai tingkat “cukup” efektif, sedangkan hasil uji coba uji coba kelompok kecil menunjukkan hasil “baik” dan “sangat baik.” Rencana pelaksanaan pembelajaran yang mampu membekali kemampuan mengintegrasikan mata pelajaran memuat  model siklus belajar 5 E (engagement, exploration, explanation, elaboration, dan evaluation). Tahapan engagement berisi motivasi menggunakan pentingnya kemampuan  mengintegrasi mata pelajaran dalam kurikulum terbaru (2013); tahapan exploration berisi aktivitas mengeksplorasi software Cmap Tools dan dokumen kurikulum 2006, dan membuat representasi integrasi mata pelajaran dalam bentuk peta konsep menggunakan Cmap Tools, tahapan explanation berisi aktivitas penjelasan dari peta konsep yang telah dibuat; tahapan elaboration adalah menerapkan dalam kurikulum 2013, sedangkan tahapan evaluation adalah menilai produk. Lembar Kerja Mahasiswa disusun dengan memberikan kesempatan mahasiswa   bereksplorasi   dengan   software   Cmap   Tools dan   mengarahkan mahasiswa untuk fokus pada kata benda/frase kebendaan pada kompetensi dasar untuk keperluan mengintegrasikan konsep antarmapel.

 

Kata kunci:  Cmap Tools, Learning Cycle, Integrating Subject Ability


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



ISSN: 0853-151x (printed) 2580-6640 (online)

 

Creative Commons License
Dinamika Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/dinamika-pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/dinamika-pendidikan.

All rights reserved p-ISSN: 0853-151X e-ISSN: 2580-6640

View My Stats