PENINGKATAN KREATIVITAS CALON GURU DALAM PEMBUATAN MEDIA BERBASIS ICT MELALUI PROJECT BASED LEARNING PADA MATA KULIAH PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPS SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaaan project based learning dalam perkuliahan Pengembangan Pembelajaran IPS SD untuk meningkatkan kreativitas calon guru dalam pembuatan media berbasis ICT.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah mahasiswa kelas VIA, yang berjumlah 38 orang. Data dikumpulkan dengan
menggunakan lembar observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel dan diagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penggunaan project based learning dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam membuat media pembelajaran berbasis ICT. Tahapannya yang dimulai dengan start with the essential question, design a plan for a project, create a
schedule, monitor the student and the progress of the project, asses the outcome
sampai evaluate the experience yang diterapkan selama 8 kali pertemuan dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa berdasarkan tujuh aspek yang diukur, yaitu
(1) memiliki rasa ingin tahu yang besar, (2) memberikan banyak gagasan dan usul
terhadap suatu masalah, (3) menyatakan pendapat secara spontan dan tidak malu- malu, (4) memberikan banyak gagasan dan usul terhadap suatu masalah, (5)
mencoba hal-hal baru, (6) mempunyai pendapat sendiri dan dapat
mengungkapkannya, dan (7) mengembangkan atau merinci suatu gagasan. Dengan demikian, hipotesis tindakan yang diajukan dalam penelitian ini terbukti.
Kata kunci: belajar berbasis proyek, kreativitas, media
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN: 0853-151x (printed) 2580-6640 (online)
Dinamika Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/dinamika-pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/dinamika-pendidikan.
All rights reserved p-ISSN: 0853-151X e-ISSN: 2580-6640
View My Stats