Pola Perilaku Bermasalah dan Rancangan Intervensi pada Anak Tunalaras Tipe Gangguan Perilaku (Conduct Disorder) Berdasarkan Fungsctional Behavior Assesment

Aini Mahabbati, , Indonesia

Abstract


Anak  dengan  gangguan  perilaku  (conduct  disorder)  sering  bermasalah perilaku   seperti   menentang,   melanggar,   agresif,   berkelahi,   dan   sebagainya. Asesmen perilaku bermasalah perlu dilakukan sebagai dasar intervensi. Penelitian

ini bertujuan untuk memaparkan prosedur Functional Behavior Assessment (FBA)

sebagai  salah  satu  pendekatan  asesmen  perilaku,  menemukan  pola  perilaku bermasalah   anak   dengan   gangguan   perilaku   hasil   FBA,   dan   merumuskan

rancangan   intervensi   berdasarkan   hasil   FBA.   Penelitian   studi   kasus   ini

menggunakan  pendekatan kualitatif dengan teknik analisa data diskriptif analitik. Prosedur FBA berdasarkan  hasil penelitian adalah (1) mendeskripsikan profil dan karakteristik gangguan perilaku anak, (2) observasi dan analisa ABC perilaku bermasalah, dan    (3) pengisian skala motivasi perilaku bermasalah yang menunjukkan perilaku agresif subjek karena tangible dan escape. Perilaku menolak pembelajaran subjek karena escape dan tangible. Pola perilaku bermasalah menunjukkan seluruh subjek  sering melakukan agresif fisik dan verbal; pemicunya situasi tidak terstruktur, tidak diperhatikan, dan menginginkan sesuatu; dan konsekuensinya adalah terhindar dari tugas, diperhatikan, dan mendapatkan keinginan. Perilaku melanggar aturan pembelajaran/guru; pemicunya adalah situasi tidak  terstruktur  dan  tidak  menarik,  serta  menginginkan  sesuatu;  dan konsekuensinya adalah terhindar dari tugas, diperhatikan, dan mendapatkan keinginan. Rancangan intervensi adalah keterampilan sosial, manajemen diri, dan mengatasi masalah di sekolah sebagai target behaviors; strategi antecedents berupa pengaturan perilaku, pengaturan dan konsistensi kegiatan dan aturan di sekolah dan pemberian materi ajar yang kontekstual dan sesuai kemampuan anak; dan strategi consequences berupa  penerapan  konsekuensi  perilaku  yang  ditetapkan  pada strategu antecedents.

 

Kata kunci: asesmen perilaku bermasalah, anak tunalaras tipe gangguan  perilaku, functional behavior assessment


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



ISSN: 0853-151x (printed) 2580-6640 (online)

 

Creative Commons License
Dinamika Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/dinamika-pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/dinamika-pendidikan.

All rights reserved p-ISSN: 0853-151X e-ISSN: 2580-6640

View My Stats