DIVERSITY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Rahayu Condro Murti,

Abstract


Dalam pembelajaran matematika yang berlangsung selama 2x 35 menit di sebuah sekolah dasar, guru melaksanakan pembelajaran aktif bagi setiap siswa di kelasnya. Siswa beraktivitas secara berpasangan. Beberapa tugas yang diberikan, dibagi dalam  beberapa termin waktu. Setiap kira-kira 15 menit guru memberi aba-aba kepada siswa untuk berpindah ke tugas berikutnya. Siswa diminta untuk membentuk sebuah bangun/benda yang tersusun dari beberapa bangun datar yang sudah dibagikan oleh guru. Tugas berikutnya adalah, menempel pada LKS, mengukur, dan menghitung luas gabungan bangun datar tersebut. Tampak mengasyikkan bagi anak-anak yang bisa mengikutinya dengan baik. Hasilnya luar bisa, kreativitas anak muncul dari tugas yang bersifat terbuka ini. Ada yang membuat museum, kapal selam, mobil tank, pistol, kue ulang tahun, perahu layar, dan lain-lain. Foto berikut memperlihatkan keasyikan mereka dalam mengerjakan tugasnya

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



ISSN: 0853-151x (printed) 2580-6640 (online)

 

Creative Commons License
Dinamika Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/dinamika-pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/dinamika-pendidikan.

All rights reserved p-ISSN: 0853-151X e-ISSN: 2580-6640

View My Stats