PENGUATAN DAN PERLUASAN FUNGSI LABORATORIUM PADA RUMPUN ILMU SOSIAL DI PERGURUAN TINGGI

Rahmania Utari,

Abstract


Untuk menjadi research university, salah satu yang dapat dilakukan perguruan tinggi adalah memperkuat dan memperluas fungsi laboratorium jurusan. Karakteristik jurusan pada rumpun ilmu sosial yang berbeda dari ilmu eksak berdampak pada sifat kegiatan laboratorium yang berbeda di antara kedua bidang tersebut. Perguruan tinggi dalam hal ini perlu mengubah paradigma tradisional terhadap laboratorium ilmu sosial. Selain penguatan fungsi laboratorium, perluasan juga dapat dilakukan sehingga lab tidak sekedar menjadi teaching/learning lab, namun juga ranah penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Laboratorium selayaknya juga mengakselerasi distribusi pengetahuan kepada publik melalui aktivitas-aktivitas ilmiah yang terprogram. Dalam hal ini penyelenggaraan kegiatan laboratorium perlu didukung bukan hanya fasilitas namun juga administrasi, dokumentasi dan publikasi. Lebih dari itu, pengoptimalan laboratorium jurusan harus disokong dengan kebijakan perguruan tinggi yang memadai dan perluasan mitra oleh jurusan.

 

 

Key words: laboratory, higher education


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



ISSN: 0853-151x (printed) 2580-6640 (online)

 

Creative Commons License
Dinamika Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/dinamika-pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/dinamika-pendidikan.

All rights reserved p-ISSN: 0853-151X e-ISSN: 2580-6640

View My Stats