Wisata budaya dan kuliner pasar keramat Pacet di media sosial
Abstract
Penelitian menelaah pasar keramat Pacet, yang merupakan salah satu pasar tradisional di Jawa Timur, beradaptasi dengan perkembangan zaman dan menjaga kelestarian wisata budaya dan kuliner tradisionalnya. Media sosial berperan dan digunakan sebagai sarana promosi untuk menarik minat pengunjung dan meningkatkan kesejahteraan para pedagang. Dengen pendekatan kualitatif berdasar data dari wawancara, observasi dan dokumentasi, penelitian mengungkap proses pelestarian pasar keramat Pacet. Hasil penelitian menyatakan bahwa 1) pasar keramat memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri yang bisa menjadi daya tarik wisata dan 2) media sosial menjadi salah satu faktor penting dalam mempromosikan wisata budaya dan kuliner tradisional yang cukup efektif dan menyasar banyak audien.
The research examines the Pacet sacred market, which is one of the traditional markets in East Java, adapting to the times and preserving its cultural tourism and traditional culinary delights. Social media plays a role and is used as a promotional tool to attract visitor interest and improve the welfare of traders. Using a qualitative approach based on data from interviews, observation and documentation, the research reveals the process of preserving Pacet's sacred market. The research results state that 1) sacred markets have their own characteristics and uniqueness which can become a tourist attraction and 2) social media is an important factor in promoting traditional cultural and culinary tourism which is quite effective and targets many audiences.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adhanisa, C., & Fatchiya, A. (2017). Efektivitas website dan instagram sebagai sarana promosi kawasan wisata berbasis masyarakat. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat, 1(4), 451-466.
Ai, S. (2021). Komunikasi Antar Budaya Melalui Media Sosial (Analisis Model Komunikasi Antarbudaya Gudykunst dan Kim dalam Channel Youtube Bandung Oppa) (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).
Andih, D. C. (2018). Peran Media Sosial (Facebook, Instagram, Youtube) Dalam Menarik Wisatawan Mengunjungi Objek Wisata Tetempangan Hill Kab. Minahasa Prov. Sulawesi Utara. Jurnal Ekonomi dan Pariwisata, 13(1).
Anshori, I., & Nadiyya, F. A. A. (2023). Peran Ruang Digital Sebagai Transformasi Gerakan Aksi Sosial Mahasiswa Melalui Platform Sosial Media. Jurnal Analisa Sosiologi, 12(2).
Bahri, S., Harahap, R. R., Rahmah, H., Maulana, S., & Suhairi, S. (2023). Analisis Strategi Komunikasi Bisnis Efektif di Era Digital: Studi Kasus dari Berbagai Industri. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 14374-14379.
Baroroh, H., Haer, F., Yusfiani, M., Azhari, S. V., Anggraini, W., & Marini, M. (2022). Optimalisasi Media Sosial Dan Website Sebagai Media Promosi Desa Wisata Loyok: Optimalisasi Media Sosial Dan Website Sebagai Media Promosi Desa Wisata Loyok. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 5(1), 771-776.
Charli, C. O. (2020). Pengaruh Social Media Marketing, Fasilitas Wisata Dan Citra Destinasi Wisata Terhadap Minat Wisatawan Berkunjung. Jurnal Ekobistek, 40-48.
Dasuki, I., & Wahid, U. (2020). Penggunaan Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran untuk Membangun Brand Awareness saat Pandemi Covid-19. PARAHITA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 47-54.
Dewi, K., Angligan, I. G. K. H., & Mahardika, I. M. N. O. (2023). Strategi Meningkatkan Peran Media Sosial Dalam Membranding Destinasi Wisata Sebagai Media Pemasaran. Waisya: Jurnal Ekonomi Hindu, 2(1), 1-11.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.
Fauziah, R., Ratnamulyani, I. A., & Kusumadinata, A. A. (2018). Efektifitas promosi destinasi wisata rekreasi Gunung Pancar melalui postingan instagram media sosial. Jurnal Komunikatio, 4(1).
Harsana, M., & Triwidayati, M. (2020). Potensi Makanan Tradisional sebagai Daya Tarik Wisata Kuliner Di DI Yogyakarta. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 15(1).
Herleni, H. (2020). Analisa Pemanfaatan Instagram sebagai Media Komunikasi Pariwisata di Kota Batam (Doctoral dissertation, Prodi Ilmu Komunikasi).
Hermawan, F., Adiputro, L. C., Manik, M., & Adi, R. Y. (2021). Branding Pasar Tradisional Indonesia: Studi Kasus Penataan Infrastruktur Pasar Berkelanjutan. Konferensi Nasional Teknik Sipil, 15.
Kapu, J. T. (2020). Analisis Pengembangan Pariwisata Berbasis Budaya (Studi Kasus Wisata Kampung Adat Praiijing Kabupaten Sumba Barat–Ntt) (Doctoral Dissertation, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).
Kertamukti, R., Nugroho, H., & Wahyono, S. B. (2019). Kontruksi ldentitas Melalui Stories Highlight Instagram Kalangan Kelas Menengah. Jurnal Aspikom, 4(1), 26-44.
Komariah, S. L., Arief, A., & Hapsari, H. M. (2020). Strategi Pengembangan Pasar Tradisional Sebagai Wisata Budaya di Dalam Kota: Studi Kasus Pasar Sekanak Palembang. Applicable Innovation of Engineering and Science Research (AVoER), 465-469.
Kurnianingtyas, W., & Hayati, C. (2022). Telisik Pola Perdagangan Desa Trowulan Abad XII-XV sebagai Landasan Pembangunan di Mojokerto Explore the Trade Pattern of Trowulan Village XII-XV Century as a Foundation for Development in Mojokerto. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 24(2), 107-122.
Kusnindar, A. A., Pratiwi, D., & Yuniarsih, T. (2022). Optimalisasi Digital Bagi Pedagang Pasar Tradisional. BUDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 100-108.
Lubis, M. S. I. (2018). Dampak Komunikasi Dan Perubahan Sosial Bagi Pengguna Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Bagi Pengguna Media Sosial Instagram Di Instansi Dinas Pendidikan Sumatera Utara). Warta Dharmawangsa, (55).
Mahendra, B. (2017). Eksistensi sosial remaja dalam Instagram (sebuah perspektif komunikasi). Jurnal Visi Komunikasi, 16(1), 151-160.
Maria, N. S. B., & Widayati, T. (2020). Dampak perkembangan ekonomi digital terhadap perilaku pengguna media sosial dalam melakukan transaksi ekonomi. JKBM (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), 6(2), 234-239.
Martha, Z. (2021). Penggunaan fitur media sosial instagram stories sebagai media komunikasi. Jurnal Komunikasi Nusantara, 3(1), 26-32.
Nurhayati, D. (2018). Strategi Membangun Trust Dalam Pengelolaan Wisata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat di Goa Pindul, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 2(2), 132-138.
Prihadi, D., & Mulyana, Y. (2019). Efektivitas E-Commerce dan Media Sosial untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Perdagangan Pasar Tradisional. Jurnal Ilmiah FIFO, 11(1), 31.
Purbohastuti, A. W. (2017). Efektivitas media sosial sebagai media promosi. Tirtayasa Ekonomika, 12(2), 212-231.
Puspawati, D. P. H., & Ristanto, R. (2018). Strategi promosi digital untuk pengembangan pariwisata Kota Magelang. Jurnal Jendela Inovasi Daerah, 1(2), 1-20.
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common, 3(1), 71-80.
Ramaputra, M. A., & Afifi, S. (2021). Analisis strategi kreatif konten promosi usaha foodies melalui media sosial Instagram. Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi, 5(2), 67-81.
Retnasary, M., Setiawati, S. D., Fitriawati, D., & Anggara, R. (2019). Pengelolaan media sosial sebagai strategi digital marketing pariwisata. Jurnal Kajian Pariwisata, 1(1), 76-83.
Rijal, S. (2018). Peer Review-Kuliner Tradisional Sebagai Daya Tarik Kota Makassar Sebagai Destinasi Wisata Kuliner.
Romadhan, M. I., & Rusmana, D. S. A. (2017, October). Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Media Promosi Pariwisata Berbasis Partisipasi Masyarakat. In Prosiding Seminar Dan Call For Paper (Vol. 85, p. 90).
Saskara, I. K., Wirawan, I. W., & Ardiasa, I. K. (2022). Strategi Pengembangan Pasar Tradisional Sebagai Daya Tarik Wisata Di Kota Denpasar Bali: Study Kasus Pasar Kreneng. Jurnal Akses, 14(1).
Sjafirah, N. A., Fadilah, E., & Basith, A. A. (2018). Pelatihan pemanfaatan media sosial untuk promosi pariwisata dan potensi kearifan lokal di Pantai Sayang Heualang Kab. Garut. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(12), 990-991.
Tahir, R., Kalis, M. C. I., Thamrin, S., Rosnani, T., Suharman, H., Purnamasari, D., ... & Sulaeman, M. K. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif: Mengumpulkan Bukti, Menyusun Analisis, Mengkomunikasikan Dampak. Pt. Sonpedia Publishing Indonesia.
Tjhin, S., Matahari, T., Arsyadi, R., Wahyuni, M. J. R. B., & Harditya, A. (2021). Strategi Branding: Peran Media Sosial dalam Memajukan Perekonomian Masyarakat Melalui UKM. Journal of Community Services: Sustainability and Empowerment, 1(01), 21-33.
Turnip, E. Y., & Siahaan, C. (2021). Etika berkomunikasi dalam era media digital. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 3(04), 38-45.
Upadana, M. W. K., & Pramudana, K. A. S. (2020). Brand Awareness Memediasi Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen, 9(5), 1921-1941.
Wainira, M. A., Liliweri, Y. K., & Mandaru, S. S. (2021). Pemanfaatan Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Brand Image. Jurnal Communio: Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 10(2), 138-148.
Wibawati, D., & Prabhawati, A. (2021). Upaya indonesia untuk mempromosikan wisata kuliner sebagai warisan budaya dunia. Journal of Tourism and Creativity, 5(1), 36-44.
Widyaningsih, W., & Masitoh, S. (2022). Kuliner Sebagai Eksistensi Budaya Pangan Lokal Dan Promosi Wisata Cirebon Jawa Barat. Mediakom: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 20-28.
Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan perilaku komunikasi generasi milenial dan generasi z di era digital. Satwika: Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69-87.
DOI: https://doi.org/10.21831/dimensia.v13i1.67867
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nur Faizatur Rohma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
eISSN : 2654-9344 | pISSN : 1978-192X
Dimensia is abstracting, indexing, and listing in the following databases:
Follow us at dimensia.sosiologi
Suported by:
Dimensia dalam https://journal.uny.ac.id/index.php/dimensia/index mengikuti aturan lisensi Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/deed.id
https://creativecommons.org/licenses/by-nc/2.0/deed.en
View My Stats