Perspektif Gender Penyelenggaraan Pendidikan Di Sekolah Gajahwong Yogyakarta
Farida Hanum, Departemen Kebijakan Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian mengkaji perspektif gender dalam praktik pendidikan di Sekolah Gajahwong dengan menggunakan metode kualitatif dan teknik analisis gender Model Harvard, yang meliputi profil aktivitas, akses, dan kontrol, serta faktor-faktor yang memengaruhi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik pendidikan di Sekolah Gajahwong telah memiliki kepekaan gender yang berpijak pada nilai-nilai universal kemanusiaan. Setiap individu memiliki hak yang sama, terlepas dari latar belakang apapun, termasuk gender. Faktor yang memengaruhi hal tersebut meliputi faktor internal, yakni manajemen sumber daya manusia di Sekolah Gajahwong, dan faktor eksternal, yakni latar belakang sosial-ekonomi keluarga peserta didik. Perspektif gender berkembang antara pengurus Sekolah Gajahwong, wali peserta didik, dan peserta didik memiliki keterkaitan satu sama lain yang tidak dapat terlepas dari kondisi sosial-ekonomi masyarakat terkait.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aikman, S. & Unterhalter, E. (2007). Practising Gender Equality in Education. Oxford: Oxfam Publishing
Aulia Adam. (201. Bias Gender Bisa Bermula dari Mainan. https://tirto.id/ckVA. Diunduh pada 8 Januari 2023
Bappenas. (2020). Metadata Indikator Pilar Pembangunan Sosial Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/ Sustainable Development Goals (TPB/SDGS). Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. https://sdgs.bappenas.go.id/dokumen/. Diunduh pada 8 Januari 2023
Fitrah, M. (2018). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak
Islam. K. M. M., & Asadullah, M. N. (2018). “Gender stereotypes and education: A comparative content analysis of Malaysian, Indonesian, Pakistani and Bangladeshi school textbooks”. PLoS ONE, Volume 13 Nomor 1.
Kemitraan Pengembangan Kapasitas dan Analisis Sektor Pendidikan. (2013). Kesetaraan Gender dalam Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Komnas Perempuan. (2018). Kesetaraan Gender: Perlu Sindergi Antar Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, dan Masyarakat. https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/31/1667/kesetaraan-gender-perlu-sinergi-antar-kementerian-lembaga-pemerintah-daerah-dan-masyarakat. Diundah pada 5 Januari 2023.
Kurikulum Sekolah Gajahwong. (2020). Profil Sekolah Gajahwong. Yogyakarta: Sekolah Gajahwong
Ludgate, N. (2016). Harvard Analytical Framework. INGENAES (Integrating Gender and Nutrition within Agricultural Extension Services). https://agrilinks.org/sites/default/files/resource/files/ING%20Info%20Sheet%20%282016_09%29%202%20Harvard%20Analytical%20Framework%20%28Ludgate%29.pdf. Diunduh pada 8 Januari 2023
Olga Oksman. (2016). Are gendered toys harming childhood development? https://www.theguardian.com/lifeandstyle/2016/may/28/toys-kids-girls-boys-childhood-development-gender-research. Diunduh pada 8 Januari 2023
Pozarny, P. (2016). Peran dan Peluang Gender bagi Perempuan di Perkotaan. GSDRC Helpdesk Laporan Penelitian 1337. Birmingham, Inggris: GSDRC, Universitas Birmingham.
Vanessa Barford. (2014). Do children's toys influence their career choices?. https://www.bbc.com/news/magazine-25857895. Diunduh pada 8 Januari 2023
Victor Lavy & Rigissa Megalokonomou. (2019). Persistency in Teachers’ Grading Bias and Effects on Longer-Term Outcomes: University Admissions Exams and Choice of Field of Study. NBER Working Paper. https://www.nber.org/papers/w26021. Diunduh pada 8 Januari 2023
World Economic Forum. (2022). The Global Gender Gap Report 2022: Insight Report July 2022. World Economic Forum. https://www.weforum.org/reports/global-gender-gap-report-2022. Diunduh pada 7 Januari 2023
DOI: https://doi.org/10.21831/dimensia.v12i1.60866
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Syaima Sabine Fasawwa, Farida Hanum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
eISSN : 2654-9344 | pISSN : 1978-192X
Dimensia is abstracting, indexing, and listing in the following databases:
Follow us at dimensia.sosiologi
Suported by:
Dimensia dalam https://journal.uny.ac.id/index.php/dimensia/index mengikuti aturan lisensi Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/deed.id
https://creativecommons.org/licenses/by-nc/2.0/deed.en
View My Stats