Transformasi Nilai Maskulinitas Laki-Laki Pengguna Kosmetik

Ngafiatut Diniyah, Departemen Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Politik, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Farida Hanum, Departemen Kebijakan Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sasiana Gilar Apriantika, Departemen Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Politik, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian mengkaji alasan laki-laki menggunakan kosmetik dan transformasi nilai maskulinitasnya. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alasan laki-laki menggunakan kosmetik yaitu untuk mengatasi masalah wajah dan kulit, menjaga penampilan, merawat diri, sumber konsep merawat diri pada laki-laki, dan tuntutan pekerjaan. Penggunaan kosmetik pada laki-laki menunjukkan terjadinya transformasi nilai maskulinitas di masyarakat.  Laki-laki yang peduli dengan kesehatan wajah dan kulit melalui penggunaan produk kosmetik. Aspek-aspek maskulin ditunjukkan dengan peduli penampilan fisik selain memperhatikan penampilan dan tubuh berisi, cerah dan wangi). Penelitian menemukan bahwa telah terjadi perubahan atau pergeseran pada nilai maskulinitas yang ada di masyarakat ditunjukkan dengan penggunaan produk kosmestik.


Keywords


perubahan, laki-laki, kosmetik, maskulinitas

Full Text:

PDF

References


Ardian Rizal. (2021). Konsep Stereotip Konstruksi Pria Dalam Pandangan Pria Metroseksual (Studi Kasus Di Kota Medan). Skripsi, Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara Medan

Arfanda, F. & Sakaria. (2015). Konstruksi Sosial Masyarakat Terhadap Waria. Mahasiswa Pascasarjana Sosiologi dan Dosen Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin. Jurnal Sosial Ilmu Politik Universitas Hasanuddin. Vol. 1, No. 1, Juli 2015

Alves, Simone., & Silva Lima. (2019). The Little Male Secret Analysis About The Male Self-Concept Related To The Consumption Of Beauty Products

Baiduri, R. & Wardah, K. (2020). Perawatan Diri Sebagai Habitus Mahasiswa Laki-Laki Di Next Premium Barbershop Medan Self-Treatment As Habitus Students In Next Premium Barbershop Medan. JUIPPS: Jurnal pendidikan ilmu-ilmu sosial, 12 (2) (2020): 297-304.

Firdiyogi, N. (2022). Konstruksi Sosial Maskulinitas Positif Dan Kesehatan Mental (Studi Fenomenologi Toxic Masculinity Pada Generasi Z). Program Studi Bimbingan Dan Konseling Islam Jurusan Konseling Dan Pengembangan Masyarakat Fakultas Dakwah Uin Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Hamshaw, R., & Jeff Gavin. (2022). Men’s Men’s Perspectives on Their Grooming Practices and Appearance Concerns: A Mixed Methods Study. Journal of Men’s Studies 2022, Vol. 30(2) 251–270

Handaningtias, U. R. Dkk. (2018). Dekonstruksi Makna Maskulinitas pada Trend Korea Pop (K-POP) Sebagai Praktik Identitas Remaja. Prodi Ilmu Pemerintahan . Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jauhariyah Witriyatul. (2016). Gender dan Seks dalam Konstruksi Sosial. https://www.jurnalperempuan.org/wacana-feminis/gender-dan-seks-dalam-konstruksi-sosial Diakses Pada Pukul 23:16 pada tanggal 11/02/2022

Juliarty, D.A., (2019). Perilaku Konsumsi Produk Kosmetik Di Kalangan Mahasiswa Laki-Laki UNSOED. Jurnal interaksi Vol.3 No.12 Tahun 2019. Program Studi SI Sosiologi FISIP.

Kartini, D. (2015). Analisis Semiotika Representasi Maskulinitas Pada Iklan Televisi Vaseline Men Body Lotion Versi ‘Darius Sinathrya.’. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(4), 173-184.

Kholidah, N. & Muhammad, A. (2020). Faktor-faktor pengambilan keputusan pembelian kosmetik berlabel halal. https://books.google.co.id/books?id=lzwWEAAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=kosmetik&hl=jv&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q=kosmetik&f=false

Mulyana, A. (2014). Representasi Gaya Hidup Pria Metrosexual Di Majalah Pria Ibukota. Jurnal Visi Komunikasi, 13(1), 69-86.

Pradani, A. T. & Indah, Y. S. (2020). Persepsi Sosial Laki-Laki Terhadap Perilaku Male Grooming Male Social Perception Of Male Grooming Behavior. Program Studi Psikologi. Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Motiva : Jurnal Psikologi 2020, Vol 3, No 2, 43-51

Prastowo, A. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rencana Penelitian. Jogjakarta. Ar-Ruzz Media.

Rafsanjani, A. H. (2012) Pergeseran Nilai Maskulinitas Pada Iklan Kosmetik Khusus Pria Di Televisi (Studi Resepsi Pada Model Pria Gab's Agency Malang). Other Thesis, University Of Muhammadiyah Malang.

Ricciardelli, R., & Kimberley Clow. (). Men, appearance, and, cosmetic surgery: the role of self-esteem and comfort with the body. Canadian Journal of Sociology/Cahiers canadiens de sociologie 34(1) 2009.

Rumahorbo, F. (2018). Konstruksi Maskulinitas Macho Dari Pandangan Etnisitas (Analisis Gender Pada Mahasiswa Fisip Usu). Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara Medan

Santoso N. (2012). Hegemoni Metroseksual Dalam Iklan Grooming Di Majalah FHM Indoensia. Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi. Volume 9, NOMER 2, Desember 2012: 137-148

Sihombing, H. L. S., & Rakhmad, W. N. (2019). Pemaknaan Khalayak Terhadap Androgini Pada Akun Instagram Andreas Lukita. Interaksi Online, 7(4), 350-360.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung. Alfabeta, CV

Watkins, M. (2017). Grooming Men: Consumer Culture and the Constitution of Masculine Identities (Doctoral dissertation, University of Portsmouth).




DOI: https://doi.org/10.21831/dimensia.v12i1.58087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ngafiatut Diniyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

eISSN : 2654-9344   |     pISSN : 1978-192X

Dimensia is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                           

Follow us at  dimensia.sosiologi

Suported by:

RJI Main logo

Dimensia dalam https://journal.uny.ac.id/index.php/dimensia/index mengikuti aturan lisensi Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional 

https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/deed.id

https://creativecommons.org/licenses/by-nc/2.0/deed.en

 

View My Stats