PENGARUH PERAN GANDA WANITA DAN KESEJAHTERAAN KELUARGA TERHADAP PENDIDIKAN FORMAL
Abstract
Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting untuk menghasilkan manusia yang berkualitas. Oleh sebab itu perlu adanya peningkatan kualitas pendidikan, salah satunya dengan melakukan penelitian-penelitian untuk kemajuan pendidikan. Penelitian ini tentang pendidikan formal anak di desa Sidorejo, kecamatan Jatisrono, Wonogiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh peran ganda wanita dan kesejahteraan keluarga terhadap pendidikan formal anak.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling bertujuan ”Purposive Sampling”. Teknik ini digunakan kerena anggota sampel dipilih secara khusus berdasarkan tujuan penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah penduduk wanita desa Sidorejo, kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri yang mempunyai peran ganda, yaitu sebagai ibu rumah tangga dan pekerja. Dari jumlah populasi sasaran di wilayah desa Sidorejo terdapat 420 orang wanita yang memiliki peran ganda, maka jumlah sampel setelah dihitung adalah 78 orang. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer yang diperoleh melalui teknik angket dan sumber data sekunder melalui dokumentasi, wawancara dan observasi. Pengukuran validitas instrumen menggunakan teknik korelasi product moment. Teknik analisa data menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedastisitas.
Penelitian ini menggunakan uji-t untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh peran ganda wanita dan kesejahteraan keluarga terhadap pendidikan formal anak. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa pada tingkat kepercayaan 95% atau α = 0,05 dan derajat kebebasan 75, diperoleh hasil t hitung 4,212 sedangkan t tabel 1,665425. sehingga dari perhitungan tersebut menunjukkan bahwa t hitung = 4,212 > 1,665425 dengan tingkat signifikansi 0,000 jauh lebih kecil dari 0,05. ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga disimpulkan bahwa peran ganda wanita mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap pendidikan formal anak dan diperoleh hasil t hitung 3,624 sedangkan t tabel 1,665425. sehingga dari perhitungan tersebut menunjukkan bahwa t hitung = 3,624 > 1,665425 dengan tingkat signifikansi 0,001jauh lebih kecil dari 0,05. ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga disimpulkan bahwa kesejahteraan keluarga mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap pendidikan formal anak
Kata kunci: Pendidikan Formal anak, Peran ganda wanita, Kesejahteraan Keluarga.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/dimensia.v3i2.3420
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
eISSN : 2654-9344 | pISSN : 1978-192X
Dimensia is abstracting, indexing, and listing in the following databases:
Follow us at dimensia.sosiologi
Suported by:
Dimensia dalam https://journal.uny.ac.id/index.php/dimensia/index mengikuti aturan lisensi Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/deed.id
https://creativecommons.org/licenses/by-nc/2.0/deed.en
View My Stats