IMPLEMENTASI STUDENT CENTERED LEARNING BERBASIS INTERNET DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI PROGRAM PENDIDIKAN NON FORMAL KEJAR PAKET C

Muhammad Nursa'ban,

Abstract


Proses pendidikan dalam setiap jenjang satuan pendidikan yang setara semestinya menghasilkan output dengan kualitas yang tidak jauh berbeda. Selama ini pendidikan program paket C diasumsikan dengan program pendidikan yang menghasilkan lulusan dengan kualitas lebih rendah dibanding program pendidikan formal. Kendala yang menjadi alasan penilaian tersebut diantaranya keberlangsungan proses pembelajaran yang kurang optimal karena keterbatasan sarana dan latar belakang peserta didik yang memiliki aktivitas yang berbeda-beda. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat dilakukan yaitu dengan proses pendidikan berfokus kepada siswa atau student centered learning (SCL) berbasis internet. Salah satu mata pelajaran yang dapat dilakukan dalam proses pembelajaran dengan metode tersebut adalah geografi.

Pemanfaatan internet sebagai sumber pembelajaran geografi mengkondisikan siswa untuk belajar secara mandiri. Para siswa dapat mengakses secara online dari berbagai sumber seperti perpustakaan dan database untuk mendapatkan sumber primer tentang berbagai peristiwa berkaitan dengan fenomena geografi yang dirancang dalam kurikulum. Metode yang dapat diterapkan dalam SCL berbasis internet ini antara lain melalui metode Collaborative Learning (CL) dan metode Problem-Based Learning (PBL). Pendekatan CL mendudukan peserta didik sebagai bagian dari masyarakat sosial melalui interaksi yang positif antar teman sekelompok. Setiap anggota menyumbangkan informasi, pengalaman, ide, sikap, pendapat, kemampuan dan keterampilan yang dimilikinya, dan bersama-sama saling meningkatkan pemahaman seluruh anggota melalui fasilitas e-mail atau chatting. Sementara itu pada metode PBL, peserta didik diberikan suatu permasalahan, secara berkelompok, berusaha tuk mencari solusi atas permasalahan tersebut dengan cara aktif mencari informasi yang dibutuhkan dari internet.

Pembelajaran geografi berbasis internet dapat dijadikan sebagai alternatif yang tepat di era sekarang. Proses pembelajaran Student Centered Learning berbasis internet dapat dilaksanakan secara mandiri atau diintegrasikan dengan metode pembelajaran yang lain. Hal ini akan berimplikasi positif terhadap pandangan pendidikan non formal program paket hanya sebagai program pendidikan formalitas semata.

Kata Kunci: Student Centered Learning, Internet, Geografi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.







Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by http://journal.uny.ac.id/index.php/diklus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats