KEARIFAN LOKAL JAWA SEBAGAI BASIS KARAKTER KEPEMIMPINAN

Warih Jatirahayu,

Abstract


Ternyata ilmu kepemimpinan modern tidak selalu tepat dan akurat untuk menyelesaikan berbagai problem kepemimpinan yang semakin kompleks di era global.

Pada kondisi demikian, perlu revitalisai kearifan lokal yang dapat menjadi basis karakter kepemimpinan. Dapat pula terjadi manfaat terbalik, yakni karakter kepemimpinan berbasis kearifan lokal justru dapat menjadi sarana penyelesaian masalah-masalah kepemimpinan global.  Ada permasalahan-permasalahan yang tepat ditangani dengan ilmu-ilmu kepemimpinan modern (global), namun ada pula yang lebih tepat ditangani dengan kearifan lokal. Kearifan lokal yang dapat dijadikan basis karakter kepemimpinan, terpilah menjadi dua, yakni yang berupa pantangan dan berupa anjuran. Karakter kepemimpinan yang berupa pantangan antara lain: adigang, adigung, adiguna; aja dumeh, dan sapa sira sapa ingsun. Karakter lokal kepemimpinan anjuran antara lain: aja rumangsa bisa, nanging bisa rumangsa, berbudi bawa leksana, lembah manah, andhap asor, wani ngalah luhur wekasane.

 

Kata kunci: kearifan lokal, karakter, kepemimpinan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.







Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by http://journal.uny.ac.id/index.php/diklus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats