PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MENULIS PUISI MENGGUNAKAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS III SD I PALBAPANG BANTUL TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Septy Indriyasari, SD 1 Palbapang Bantul, Indonesia

Abstract


Penilaian Tindakan Kelas (PTK) ini dilatarbelakangai rendahnya prestasi siswa
pada materi menulis puisi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi
belajar siswa dengan menggunakan dan metode Contextual Teaching Learning pada materi menulis puisi di kelas III SD I Palbapang. Penelitian ini dilaksanakan melalui siklus I dan Siklus II. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah tugas tertulis menulis puisi sesuai dengan kisi-kisi, catatan lapangan mengenai proses pelaksanaan pembelajaran menulis puisi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan prestasi belajar dapat ditingkatkan dengan media video pembelajaran dan metode Contextual Teaching Learning pada materi menulis puisi di kelas III SD I Palbapang. Peningkatan prestasi belajar dapat ditunjukkan pada hasil belajar siswa yaitu dari siklus I nilai rata-rata 74, pada siklus II menjadi 81,1 sudah mencapai
KKM. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui metode
Contextual Teaching Learning (CTL) dapat meningkatkan prestasi belajar menulis puisi pada siswa kelas III SD I Palbapang


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v19i2.9660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter