PEMBELAJARAN KEMAMPUAN MENULIS RINGKASAN ISI BUKU MELALUI “PENDIKAR” (PENUGASAN DIKEMAS ARTISTIK) DI KELAS XI SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA
Abstract
Tulisan yang berisi inovasi dalam pembelajaran ini secara umum bertujuan untuk
mengoptimalkan kemampuan (keterampilan) bagi siswa dalam menulis ringkasan isi buku. Secara khusus, tujuannya adalah: (1) menemukan model penilaian yang menarik yaitu meringkas isi buku dengan kemasan yang artistik, (2) menemukan model penilaian terkini yang tidak membosankan siswa, dan (3) menumbuhkan minat atau gemar membaca dan menulis di kalangan siswa. Dalam pembelajaran kemampuan menulis, guru diharapkan dapat memilih pendekatan, strategi, metode, media, model, dan sistem penilaian yang tepat. Menulis merupakan salah satu dari empat keterampilan atau kemampuan berbahasa yangdianggap paling sulit, baik oleh siswa maupun oleh guru. Dengan ini perlu dilakukan suatu inovasi pembelajaran kemamapuan menulis yang dapat menciptakan model penilaian yang menarik dan dapat mengaktifkan siswa kelas XI SMA Negeri 7 Yogyakarta, yaitu melalui “Pendikar” (Penugasan dikemas artistik). Hasil penugasan menunjukkan hal yang menggembirakan dan sangat bermakna karena ringkasan yang telah dibuat oleh siswa bentuknya sangat menarik, artistik, dan bervariasi, serta praktis. Tentu hal ini dapat memotivasi siswa untuk selalu membawa, meletakkan, dan mempelajari ringkasan tersebut di mana, ke mana, dan kapanpun berada
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v19i2.9640
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Indexed by: