PENDAMPINGAN PENGAWAS SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MENYUSUN SILABUS

Kendarti Setiti, Dinas Pendidikan KP, Indonesia

Abstract


Diberlakukannya KTSP menuntut guru mampu menyusundan mengembangkan silabus secara mandiri. Dengan maksud agar silabus tersebut sesuai dengan kondisi sekolah,karakteristik siswa, dan keadaan masyarakat setempat. Harapannyapembelajaran menjadi lebih interaktif,inspiratif,menyenangkan dan menantang. Kenyataannya masih banyak guru menggunakan silabus yang diadopsi dari internet dan buku-buku mata pelajaran dari berbagai penerbit akibatnya pembelajaran menjadi monoton. Oleh karena itu peran pengawas sekolah sangat diperlukan untuk mendampingi guru dalam menyusun dan mengembangkan silabus yang sesuai dengan prinsip dan acuan operasional KTSP. yang dilakukan pengawas sekolah dalam meningkatkan kemampuan guru menyusun silabus dilakukan melalui pendampingan dan tutor sebaya di sekolah serta melalui workshop pada kegiatan di MGMP. Dengan harapan guru memahami cara menyusun silabus yang sesuai dengan meningkat dan guru mampu menyusun sendiri silabi yang akan digunakan dalam pembelajaran

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v15i02.5510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter