Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Apresiasi Cerpen melalui Penerapan Desain ICON

Sarno R. Sudibyo, SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Indonesia

Abstract


PTK ini bertujuan untuk menngkatakan kualitas pembelajaran apresiasi cerpen dengan menerapkan desain ICON (Interpretation Construction). PTK dilakukan dalam dua siklus. Hasil menunjukkan bahwa: 1) penerapan desain ICON dalam pembelajaran apresiasi cerpen terbukti dapat meningkatkan kualtias pembelajaran, baik pada proses maupun hasil pembelajaran; 2) penerapan desain ICON juga berhasil meningkatkan sikap positif siswa terhadap pembelajaran apresiasi cerpen; 3) penerapan desain ICON mampu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan sehingga potensi siswa berkembang secara wajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v12i01.5491

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter