Peningkatan Kompetensi Kewarganegaraan melalui Penerapan SLIM n BILL dalam Pembelajaran Kooperatif GIP Siswa Kelas X-1 SMA N 5 Jayapura
DOI:
https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v12i01.5489Abstract
Kompetensi kewarganegaraan siswa belum tercapai secara untuh. Yang tampak menonjol adalah ranah kognitif sedangkan ranah afektif dan keterampilan kewarganegaraan belum berkembang secara maksimal. Penulis terdorong untuk menerapkan suatu strategi yang mengaktifkan kecerdasan siswa secara simultan, yaitu dengan mengaktifkan kecerdasan SLIM n BILL dalam proses pembelajaran sehingga penanaman nilai, sikap dan moral akan mudah tercapai. PTK dilaksanakan dalam beberapa langkah: 1) perencanaan, 2) implementasi tindakan dan observasi, 3) analisa hasil pengamatan, dan 4) refleksi. Berdasar hasil analisis data diketahui bahwa telah terjadi peningkatan pelaksanaan pembelajaran kooperatif GIP dan kecerdasan SLIM n BILL siswa.Downloads
Published
2008-06-05
Issue
Section
Articles