Peningkatan Kompetensi Kewarganegaraan melalui Penerapan SLIM n BILL dalam Pembelajaran Kooperatif GIP Siswa Kelas X-1 SMA N 5 Jayapura

Nurhadi Nurhadi, SMA N 5 Jayapura, Indonesia

Abstract


Kompetensi kewarganegaraan siswa belum tercapai secara untuh. Yang tampak menonjol adalah ranah kognitif sedangkan ranah afektif dan keterampilan kewarganegaraan belum berkembang secara maksimal. Penulis terdorong untuk menerapkan suatu strategi yang mengaktifkan kecerdasan siswa secara simultan, yaitu dengan mengaktifkan kecerdasan SLIM n BILL dalam proses pembelajaran sehingga penanaman nilai, sikap dan moral akan mudah tercapai. PTK dilaksanakan dalam beberapa langkah: 1) perencanaan, 2) implementasi tindakan dan observasi, 3) analisa hasil pengamatan, dan 4) refleksi. Berdasar hasil analisis data diketahui bahwa telah terjadi peningkatan pelaksanaan pembelajaran kooperatif GIP dan kecerdasan SLIM n BILL siswa.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v12i01.5489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter