MENINGKATKAN MINAT BETAJAR MEMBACA ANAK SD

Suyatinah Suyatinah, FIP UNY, Indonesia

Abstract


Minat menentukan perilaku, sikap seseorang dan menjadi suatu kekuatan yang mendorong individu untuk melakukan sesuatu, salah satu di antaranya adalah melakukan kegiatan belajar membaca. Oleh karena itu, minat merupakan hal yang penting untuk diperhatikan oleh orang tua dan guru dalam rangka memperkecil kegagalan di kemudian hari. Kepedulian mengembangkan minat membaca anak disamping menjadi tanggung jawab orang tua juga menjadi tanggung jawab guru SD. Guru hendaknya mampu mengembangkan memberi motivasi dan semangat anak untuk belajar membaca, sehingga siswa memiliki minat yang baik. Minat yang ditimbulkan oleh guru memegang peranan penting dalam meningkatkan mionat siswa untuk belajar membaca. Usaha yang dapat dilakukan guru adalah: (1) materi bacaan disertai gambar, (2) materi bacaan disertai gambar dan kartu kata atau kartu kalimat, (3) mengadakan pameran buku, (4) mengadakan perpustakaan sekolah, (5) membentuk kelompok-kelompok membaca, (6) mengadakan sayembara membaca, dan (7) dan bercerita. Kiat-kiat lain yang dapat dilakukan oleh orang tua adalah (1) menyisihkan waktu untuk memberikan perhatian pada pelajaran anak, (2) menciptakan bacaan sendiri, (3) menulis pengalaman dalam buku harian dengan kalimat yang sederhana dan anak diminta untuk membaca, (4) membina keluarga pembaca, (5) meningkatkan pemanfaatan sarana-saranan lingkungan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v9i01.5439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter