PEMANFAATAN SASTRA ANAK-ANAK DALAM EVALUASI PEMBEI-&IARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR

Enny Zubaidah, FIP UNY, Indonesia

Abstract


Sastra (puisi) anak-anak dapatlah dimanfaatkan sebagai bahan evaluasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesiadi SD. Pembelajaran Bahasa Indonesia berdasarkan kurikulum 1994 yang berpandangan whole language menyarankan bahwa evaluasi yang dapat digunakan yakni evaluasi proses dan hasil. Evaluasi yang dimaksud haruslah sesuai dengan tujuan pembelajaran sastra,yakni siswa dapat memahami dan mengapresiasi sastra dan kemampuan mempergunakan bahasayang pelaksanaan pembelajarannya dilakukan lewat keempat keterampilan berbahasa.Hal ini dapat dilakukan melalui bernyanyi,bercerita,menjawab pertanyaan mendeklamasikan, membaca, dan menulis. Berdasarkan sastra (puisi) yang disajikan guru secara langsung atau tidak langsung siswa dapat memberikan penilaian kepada masing-masing siswa sejak awal sampai akhir pembelajaranya itu dalam bentuk perintah dan ajakan guru kepada siswa.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v5i02.5356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter