UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BElAJAR MELALUI PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR
Abstract
Motivasi belajar peserta didik SMP sekarang ini cenderung rendah yang dapat dibaca melalui perilaku keseharian antara lain, tidak mau mengerjakan tugas ataupun kalau mau selalu molar, tidak mengerjakan pekerjaan rumah (PR), tidak menjawab pertanyaan guru mengenai materi ajar, tidak mau bertanya untuk tahu tentang materi, tidak memperhatikan penjelasan guru, datang terlambat, dan tidak datang tanpa ijin. Motivasi belajar peserta didik ini ada hubungan yang signifikan dengan ketercapaian prestasi belajarnya. Semakin tinggi motivasi belajar semakin tinggi pula hasil belajar yang dicapainya. Keberhasilan yang tinggi ini diawali dengan upaya mencari berbagai strategi belajar hingga diperoleh strategi yang benar-benar menyenangkan. Oleh karena tingginya peran motivasi terhadap keberhasilan belajar maka peningkatan motivasi sangat perlu diupayakan. Upaya guru dalam mendongkrak prestasi belajar peserta didik melalui peningkatan motivasi dilakukan dengan strategi sebagai berikut, 1) menyisihkan waktu 5-10 menit di ujung pembelajaran guna menunjukkan tokoh sukses karena keuletan belajarnya, 2) meningkatkan kemandirian, ~ecakapan dan profesinya selama kegiatan, pembelajaran dan dalam pergaulan, 3) meningkatkansikap disiplin baik pada proses pembelajaran maupun penerapan pemantauan sikap peserta didiknya, 4) mengadakan kolaborasi positif dengan orang tua/wali peserta didik dan 5) menanamkan pada peserta·didik secara terus menerus bahwa belajar .itu sangat penting untuk menghadapi masa depan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v16i01.3954
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Indexed by: