UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BElAJAR MELALUI PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR

Marijan Marijan, SMP N 5 Wates Kulon Progo, Indonesia

Abstract


Motivasi  belajar peserta  didik  SMP sekarang  ini  cenderung  rendah  yang dapat dibaca melalui perilaku  keseharian antara lain, tidak mau mengerjakan tugas ataupun  kalau  mau  selalu  molar,  tidak mengerjakan pekerjaan rumah (PR), tidak menjawab   pertanyaan    guru  mengenai materi  ajar,  tidak  mau  bertanya   untuk tahu tentang materi, tidak memperhatikan penjelasan   guru,  datang  terlambat,  dan tidak datang tanpa ijin. Motivasi  belajar peserta   didik   ini  ada  hubungan   yang signifikan  dengan  ketercapaian  prestasi belajarnya. Semakin tinggi motivasi belajar semakin  tinggi  pula  hasil  belajar  yang dicapainya.  Keberhasilan yang  tinggi  ini diawali  dengan  upaya mencari  berbagai strategi  belajar hingga diperoleh strategi yang  benar-benar   menyenangkan.   Oleh karena tingginya peran  motivasi terhadap keberhasilan   belajar  maka peningkatan motivasi sangat perlu  diupayakan.  Upaya guru dalam mendongkrak prestasi  belajar peserta didik melalui peningkatan motivasi dilakukan dengan strategi  sebagai berikut, 1) menyisihkan waktu 5-10 menit di ujung pembelajaran  guna menunjukkan tokoh sukses karena keuletan belajarnya, 2) meningkatkan kemandirian, ~ecakapan dan profesinya selama kegiatan, pembelajaran dan dalam pergaulan, 3) meningkatkansikap disiplin baik pada  proses  pembelajaran maupun penerapan pemantauan sikap peserta didiknya, 4) mengadakan kolaborasi positif  dengan orang  tua/wali peserta didik  dan 5) menanamkan  pada  peserta·didik  secara terus menerus bahwa belajar .itu sangat penting untuk menghadapi masa depan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v16i01.3954

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter