Belajar IPA berkaitan erat dengan alam sekitar, sehingga lingkungan sekitarmerupakan sumber belajar yang baik di dalam proses pembelajarannya. Salah satucontoh lingkungan sekitar yang dapat digunakan sebagai sumber belajar IPA adalahkebun kakao. Berdasarkan standar isi kurikulum, pemanfaatan kebun kakao sebagaisumber belajar sesuai untuk membelajarkan siswa SMP pada konsep hama danpenyakit tanaman. Strategi pembelajaran yang dipilih untuk memanfaatkan kebunkakao sebagai sumber belajar adalah pembelajaran kooperatif. Melalui kegiatanpengamatan dan diskusi kajian pustaka, siswa diharapkan mampu mengidentifikasigejala serangan hama atau penyakit pada tamanan kakao dan mampu mengambillangkah-langkah pengendaliannya. Harapannya pemanfaatan kebun kakao sebagaisumber belajar dapat meningkatkan prestasi belajar dan memberikan pengalamanyang bermakna bagi siswa untuk menambah pengetahuan life skill bagi masa depansiswa.