PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIFDALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP

Rustanti Hari Wismadi,

Abstract


Salah satu unsur penting dalam kegiatan pembelajaran adalah mediapembelajaran. Media pembelajaran sangat dibutuhkan untuk membantu pesertadidik memahami materi pembelajaran terutama media yang dioperasionalkan sendirioleh peserta didik. Begitu juga dengan materi IPA di SMP dalam pembelajarannyajuga dibutuhkan media yang mengaktifkan peserta didik. Tulisan ini bertujuanuntuk mendeskripsikan aplikasi multimedia interaktif dalam pembelajaran IPAfisika di SMP.Multimedia interaktif yang akan dibahas pada tulisan ini dengan formattutorial, animasi atau simulasi, percobaan, dan latihan dalam pembelajaran IPAfisika di SMP materi kelistrikan. Pada materi kelistrikan terdapat beberapa konsepyang bersifat abstrak sehingga dibutuhkan animasi atau simulasi yang jelas. Denganpenggunaan multimedia interaktif melalui format tutorial, animasi atau simulasi,percobaan, dan latihan dalam pembelajaran IPA khususnya fisika di SMP, materipembelajaran akan lebih mudah dipahami peserta didik, dan multimedia interaktifdapat menumbuhkan aktifitas peserta didik. Dengan demikian diharapkan prestasipeserta didik dapat meningkat.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v0i1.2961

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter