METODE DISKUSI KELOMPOK BERBASIS INQUIRIUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA DI SMA

Lutfatul Latifah,

Abstract


Fisika sebagai bagian dari ilmu pengetahuan sangat penting bagi kehidupanmanusia. Oleh karena itu Fisika dipandang penting untuk diajarkan sebagai suatumata pelajaran pada satuan pendidikan. Namun keberhasilan belum dirasakansebagai wujud prestasi pencapaian hasil belajar.Berkaitan dengan hal tersebut perluada upaya untuk mengoptimalkan kegiatan pembelajaran agar hasil belajar siswameningkat. Salah satu faktor penyebab rendahnya pencapaian hasil belajar adalahproses yang dijalani selama kegiatan belajar mengajar. Tujuan belajar mengajar akantercapai apabila para pelaku pembelajaran, utamanya guru mampu memilih strategiyang tepat. Dengan kata lain keberhasilan suatu proses pembelajaran pada satuanpendidikan sangat ditentukan oleh kemampuan seorang guru dalam menerapkanmetode belajar yang sesuai. Pemilihan metode pembelajaran harus sesuai dengankondisi dan latar belakang siswa maupun materi yang diajarkan. Penerapan metodediskusi kelompok berbasis inquiri adalah salah satu metode yang efektif sebagaiupaya memaksimalkan keterlibatan siswa sehingga dapat meningkatkan pencapaianhasil belajar siswa.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v0i1.2958

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter