PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PAKEM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI TEKNIK PENGINTEGRALAN PADA SISWA KELAS XII IPA SMA NEGERI 1 PUNDONG SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XII
IPA SMA Negeri 1 Pundong materi Teknik Pengintegralan dengan menggunakan
model pembelajaran PAKEM. Penggunaan model pembelajaran PAKEM pada
penelitian ini adalah dengan cara menciptakan suasana sedemikian rupa sehingga siswa menjadi aktif dan kreatif serta proses pembelajaran menjadi efektif dan menyenangkan. Strategi dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus. Setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sarana yang digunakan pada penelitian ini, yakni lembar kerja siswa, lembar penilaian afektif siswa, dan lembar pengamatan guru. Subjek pada penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XII IPA SMA Negeri 1 Pundong, sedangkan obyeknya adalah pembelajaran materi Teknik Pengintegralan yang diajarkan dengan model pembelajaran PAKEM. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah meningkatnya prestasi belajar siswa dan meningkatnya kemampuan afektif siswa serta kinerja guru pada pembelajaran materi rumus-rumus trigonometri kelas XII IPA SMA Negeri 1 Pundong. Penelitian dari kondisi awal siswa yang diukur dengan instrumen tertulis menunjukkan adanya peningkatan presentase ketuntasan belajar
siswa sebesar 46% setelah diberikan tindakan pada siklus II. Selain itu, keaktifan siswa meningkat dari 67,33% menjadi 93,33%, kreativitas siswa meningkat dari 70,67% menjadi 93,33%, efektifitas siswa meningkat dari 68,67% menjadi 94,00%, suasana belajar yang menyenangkan meningkat dari 56,67% menjadi 94,00%. Hasil pengamatan kinerja guru menunjukkan peningkatan dari kriteria baik (82,87%) menjadi sangat baik (90,48 )
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v21i2.20096
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Indexed by: