UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI MEMBACA BAHASA INGGRIS MELALUI PENERAPAN GAME VPC SISWA KELAS VIII D SMPN 1 TURI

Widayati Widayati, SMP Negeri 1 Turi Sleman

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi membaca siswa
SD dengan menerapkan VPC Game. Penelitian ini adalah sebuah penelitian tindakan kelas yang setting-nya di kelas VIII D SMPN 1 Turi pada tahun 2015/2016. Siklus dilakukan sebanyak 2 kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan VPC game dalam pembelajaran dapat meningkatkan penguasaan kosakata dan kompetensi membaca bahasa Inggris siswa kelas VIII B SMP N 1 Turi.Di samping itu, penggunaan VPC game dalam pembelajaran juga dapat meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar kosakata dan membaca bahasa Inggris siswa.Temuan ini dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi guru bahasa Inggris untuk menggunakan VPC game dalam proses pembelajaran membaca bahasa Inggris khususnya teks monolog.


Full Text:

PDF PDF

References


Daryanto, D. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Fatimah, N. (2010). Belajar Bahasa Inggris Lewat Permainan. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.

Nation, I. &. Macalister. (2010). Language Curriculum Design. New York: Routledge.

Nunan, D. (1991). Language Teaching Methodology. New York: Prentice Hall.

Richard, J. &.Rodgers. (2002). Approaches and Methods in Language Teaching. USA: Cambridge University Press.

Rini, A. (2010). Vocabulary Games. Jakarta: Kesaint Blanc.

Saefudin, d. (n.d.). Penerapan Metode Permainan Menggunakan

Kartu Kosakata dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas V SD. jurnal.fkip.uns.ac.id.

Sukardi, P. P. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v21i1.19218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter