PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN PERMAINAN KARTU KIMIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Ceri Setiyati, SMA N 3 Bantul, Indonesia

Abstract


Keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran sangat menentukan prestasi belajar. Guru diharapkan dapat merancang pembelajaran yang dapat menarik minat belajar serta mengaktifan dan menyenangkan bagi peserta didik. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru dengan mengemas permainan kartu kimia dalam pembelajaran kimia. Materi  kimia yang disajikan adalah materi sistem periodik unsur dan konfigurasi elektron kelas X semester gasal di SMA. Dengan menguasai materi ini dapat mempermudah peserta didik mengikuti materi berikutnya. Materi ini dikemas dalam permainan kartu kimia secara berkelompok. Dengan bermain dan belajar peserta didik akan aktif dan diharapkan prestasi peserta didik dapat meningkat. Pada penelitian tindakan kelas ini, siklus pertama dengan topik unsur dalam SPU, pengelolaan pembelajaran mencapai prosentase 72,16% dalam kategori baik hasil belajar peserta didik yang mendapat nilai ≥ 70 baru mencapai 75%. Setelah siklus kedua dengan topik konfigurasi elektron pengelolaan pembelajaran mengalami kenaikan menjadi 77,14% dan hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 92,86%. Hal menunjukkan penelitian tindakan kelas berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X-3 di SMA Negeri 3 Bantul. Dari hasil observasi pengelolaan pembelajaran peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran. Dari hasil angket siswa menunjukan rasa senang dalam mengikuti pembelajaran kimia dengan metoda permainan kartu kimia

Full Text:

PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v20i1.10796

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter