MENGAJARKAN EJAAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Pitasari Rahmaningsih, SD Muhammadiyah Mulyodadi Bantul, Indonesia

Abstract


Ejaan merupakan dasar dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Ejaan digunakan sebagai bentuk baku dalam penulisan ilmiah dan resmi. Akan tetapi, pada kenyataannya saat ini penggunaan ejaan yang baku belum sepenuhya dapat diterapkan. Apalagi bagi siswa SD. Masih banyak siswa SD yang belum mengerti bagaimana ejaan yang baik dan benar. Di lain pihak, dalam pengajaran ejaan umumnya masih menggunakan metode klasikal dan kurang mendapatkan perhatian khusus. Oleh karena itu, permasalahan yang akan dibahas pada makalah adalah berkait pengertian ejaan, macam-macam ejaan, dan bagaimana proses pembelajaran ejaan di SD. Komponen pembelajaran ejaan berisi tentang kesempatan menulis setiap hari, kesempatan membaca setiap hari, dinding kata, mengoreksi naskah, prosedur dalam kamus, pilihan ejaan dan kesadaran mengeja. Pengajaran ejaan dapat dilakukan dengan menggunakan tes mingguan, menyesuaikan diri untuk memenuhi kebutuhan siswa dan menilai kemampuan mengeja siswa

Full Text:

PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v20i1.10794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter