PENERAPAN STRATEGI DIRECTED LISTENING THINKING APPROACH (DLTA) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Muhammad Arief Wibowo, SD N Sambiroto 2 Kalasan, Indonesia

Abstract


Kegiatan menyimak merupakan dasar dalam mempelajari keterampilan berbahasa yang lain. Berdasarkan pengalaman dan kenyataan di lapangan dapat diketahui bahwa kemampuan menyimak siswa masih rendah. Siswa kesulitan dalam menyebutkan unsur cerita, menjawab pertanyaan sesuai cerita yang didengar, dan menceritakan kembali isi cerita yang telah didengar. Aktivitas belajar siswa belum terlibat aktif dalam memahami isi cerita. Pembelajaran yang dilakukan kepada siswa guru dilakukan dengan cara menyimak bacaan untuk dibaca mandiri bukan oleh guru. Hal itu tidak sesuai dengan aspek pada kurikulum pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu aspek mendengarkan (menyimak).Selain itu, belum ada media yang digunakan oleh guru. Oleh karena itu, dalam penelitian ini diterapkan strategi Direct Listening Thinking Activities (DLTA) dalam pembelajaran keterampilan pada siswa sekolah dasar (SD). Penulisan karya ilmiah ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pengertian mengenai keterampilan menyimak, (2) mendeskripsikan mengenai pengertian strategi Direct Listening Thinking Activities (DLTA), (3) mendeskripsikan langkah-langkah dalam penerapan strategi Direct Listening Thinking Activities (DLTA) dapat pembelajaran keterampilan menyimak. Jenis penelitian ini adalah dekriptif kualitatif dengan penjelasan konsep dari berbagai sumber dan dirangkum dan disimpulkan dalam satu kesatuan yang utuh dan runtut. Kesimpulan dari penelitian adalah strategi Direct Listening Thinking Activities (DLTA) dapat dimanfaatkan dalampembelajaran keterampilan menyimak pada siswa jenjang sekolah dasar (SD). Saran yang diberikan adalah hendaknya guru dapat: (a) menerapkan strategi Direct Listening Thinking Activities (DLTA) sesuai tahap-tahapnya; (b) memilih bahan cerita atau informasi yang disukai siswa; (c) menggunakan media yang bervariasi yaitu media rekaman dan gambar; (d) memberi ruang lebih banyak untuk siswa mengaktualisasikan dirinya

Full Text:

PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v20i1.10793

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter