Pengaruh Resiliensi terhadap Harga Diri Remaja di Panti Asuhan Yatim dan Tunanetra Muhammadiyah Purworejo

Catur Widi Wasono, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui resiliensi remaja di panti asuhan, (2) mengetahui harga diri remaja di panti asuhan, (3) mengetahui pengaruh resiliensi terhadap harga diri remaja di Panti Asuhan Yatim dan Tunanetra Muhammadiyah Purworejo. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto. Sampel  dalam penelitian ini  sejumlah 44 remaja di panti asuhan. Skala resiliensi (α = 0,699, p<0.001) dan skala harga diri  (α = 0,741, p<0.001)  digunakan sebagain instrument untuk mengumpulkan data. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Resiliensi pada remaja di Panti Asuhan Yatim dan Tunanetra Muhammadiyah Purworejo mayoritas berada pada kategori sedang; (2) Harga diri pada remaja di Panti Asuhan Yatim dan Tunanetra Muhammadiyah Purworejo mayoritas berada pada kategori tinggi; (3) Ada pengaruh variabel resiliensi terhadap harga diri dengan nilai R2 = 0,332  F(1, 43 ) =20,84, p <0.001. Dengan demikian, variabel resiliensi dapat mempengaruhi harga diri pada remaja yang tinggal di panti asuhan sebesar 33,2%. 


Keywords


reseliensi, harga diri, remaja

Full Text:

PDF

References


. 2002. Standar Pelayanan sosial anak jalanan melalui rumah singgah. 2002. Jakarta : Direktorat Bina Pelayanan Sosial Anak, Direktorat Jendral Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial, Departemen Sosial RI.

Aini, W. (1993). Hambatan yang dialami pengasuh dalam membimbing anak asuh pada panti asuhan muhammadiyah/aisiyah dalam daerah kotamadya padang. Pandang: IKIP Pandang.

Aisha, D.L. (2014) Hubungan Antara Religiusitas Dengan Resiliensi Pada Remaja Di Panti Asuhan Keluarga Yatim Muhammadiyah Surakarta. Skripsi (Tidak diterbitkan). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Al-Jauhari, M. & Khayyal, M. (2005). Membangun keluarga qur’ani panduan untuk wanita muslimah. Jakarta: Amzah .

Azwar, S. (2015). Validitas dan reliabilitas ( Edisi 4). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2007). Metode penelitian. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Azzahra, F. (2017). Pengaruh resiliensi terhadap distres psikologis pada mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, ISSN: 2301-8267 Vol.05,No.01. Diakses pada 24 Oktober 2018.

http://ejournal.umm.ac.id/index.php/ji pt/article/view/3883.

Burns, R.B. 1993. Konsep diri: Teori, pengukuran, perkembangan dan perilaku. (Alih Bahasa: Eddy). Jakarta: Arcan.

Byrne, D dan Robert A, B. (2002). Social psychology: Psikologi sosial (Edisi Kesepuluh). Alih Bahasa: Ratna Djuwita, Melania Meitty Parman, Dyah Yasmina, Lita P. Lunata. Jakarta: Erlangga.

Clauss-Ehler, C.S. (2008). Sosiocultural factors, resilience, and coping: Support for a culturally sensitive measure of resilience. Journal of Applied Developmental Psychology,29,197-212.

Connor, K. M., & Davidson, J. R. T. (2003). Development of new resilience scale: the Connor Davidson resilience scale (CDRISC). Journal of Depression and Anxiety, Vol 18: 76-82. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/epd f/10.1002/da.10113.

Coopersmith, S. (1967). The Antecedents of self- esteem. San Francisco: W.H. Freeman and Company.

Darajat, Z. (2008). Metodik khusus pengajaran agama islam. Jakarta: Bumi Akasara.

Dewi, G.K & Henu, B. (2015). Resiliensi pada remaja yatim piatu yang tinggal di panti asuhan. Jurnal Spirits, Vol.5, No.2.

Dewi, N.L.P. (2016). Hubungan sikap kewirausahaan dengan niat kewirausahaan pada mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Skripsi (Tidak diterbitkan). Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Ekasari, A. & Andriyani, Z. (2013). Pengaruh peer group support dan self esteem terhadap resillience pada siswa SMAN Tambun Utara Bekasi. Jurnal Soul, Vol. 6 No 1. 50-65.

Furnamawati. (2007). Kecenderungan depresi pada anak panti asuhan. Skripsi (Tidak diterbitkan). Malang: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang.

Grotberg, E.H. (1995) ‘The international resilience project: Research, application, and policy’, international symposium on stress and violence, Lisbon, Portugal.

Herdiana, I. dan Muhammad, R. (2013). Resiliensi pada Narapidana Laki-laki di Lapas Klas I Medaeng. Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial, 2/1: 1-6. Diakses pada tanggal 01 Januari 2019. http://www.journal.unair.ac.id/downloa dfullpapers jpksfbd660cc7a2full.pdf.

Hidayati, N. (2014). Hubungan antara self esteem dengan resiliensi pada remaja di panti asuhan keluarga yatim muhammadiyah surakarta. Skripsi (Tidak diterbitkan). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Izzaty, R.E, dkk. (2008). Perkembangan peserta didik. Yogyakarta: UNY Press.

Jahja, Y. (2011). Psikologi perkembangan. Jakarta: Kencana.

Jameel, S.N,. Shah S.S,. & Ganaie, S.A. (2015).Perceived social support and resilience among orphans: a systematic review. The

International Journal of Indian Psychology, 3, (1), 9

Hombrados, I & Garcia, M. (2017).Resilience and personality in social work student and social workers. International Social Work 2017, Vol. 60(1) 19–31

Jefferis, T.C,. & Theron, L.C. (2017). Promoting resilience among sesotho- speaking adolescent girls: Lessons for South African teachers. South African Journal of Education, Vol. 37, No 3

Kamila, I. I. & Mukhlis. (2013).Perbedaan harga diri (self-esteem) remaja ditinjau dari keberadaan ayah. Jurnal Psikologi, 9(2).

Katyal, S. (2015). A study of resilience in orphan and non-orphan children. International Journal of Multidisciplinary Research and Development . Volume: 2, Issue: 7, 323-327.

Kemensos. (2011). Peraturan Menteri Sosial RI Nomor 30, Tahun 2011, tentang Standar Nasional Pengasuhan Anak Untuk Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak.

Keye, M.D.& Pidgeon, A.M. (2013). An investigation of the relationship between resilience, mindfulness, and academic self-efficacy. Open Journal of Social Sciences. 1(6), 1- 4.

Margareth, V. T. (2016). Hubungan self- esteem dengan resiliensi pada siswa Sekolah menengah pasca bencana banjir dan tanah longsor di daerah Batu Gajah Ambon. Skripsi (Tidak diterbitkan). Salatiga: Fakultas Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana.

Masten, A. S. (2001). Ordinary magic: Resilience processes in development. American Psychologist, 56(3), 227–238.

McCartney, K. & Phillips, P. (2006). Blackwell handbook of early childhood development. Oxford: Blackwell Publishing.

Morgot, H. (1997). “Resilience and severe burns”. Journal of Counseling and Development, Vol 75, 346-357.

Mualfiah, R. & Indrijati, H. (2014). Hubungan antara tingkat harga diri dengan kecenderungan perilaku seks pranikah pada remaja pondok pesantren assalafi alfitrah surabaya. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental, Vol. 03 No. 03.

Myers, D.G. (2012). Psikologi sosial jilid 2. (Alih bahasa) Jakarta: Salemba Humanika.

Nisa, M.K. & Muis, T. (2016). Studi tentang daya tangguh (resiliensi) anak di panti asuhan sidoarjo. Universitas Negeri Surabaya.

Oktoviyani, R.N. & Anggraeny, W. (2016). Penerimaan sistem e-learning menggunakan technology acceptance model (TAM) study kasus siswa/i kelas X di SMU Negeri 92 Jakarta. Jurnal Pilar Nusa Mandiri,Vol.XII, No. 1.

Patilima, H. (2015). Resiliensi anak usia dini. Bandung: Alfabeta.

Prihastuti. (2011). Profil resiliensi pendidik berdasarkan resilience quetient test, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan.

Poerwadarminta, W.J.S. (1995). Kamus umum bahasa indonesia. Jakarta: PT.Balai Pustaka

Purwanto. (2008). Metodologi penelitian kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Putro, K.Z. (2017). “Memahami ciri dan tugas perkembangan masa remaja”. Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama, Vol 17, No1,25- 32.

Ranty, D. (2017). Pengaruh resiliensi terhadap harga diri siswa korban perceraian orang tua kelas VIII SMPN 3 Cilacap. (Versi Elektronik). Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, Vol 3, No 6.

Reivich, K. & Shatte, A. (2002). The resilience factor: 7 essential skills for overcoming life’s inevibale obstacles. New York: Broadway Books.

Resty, G.T. (2015). Pengaruh penerimaan diri terhadap harga diri remaja di Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiah Yogyakarta. Skripsi (Tidak diterbitkan). Universitas Negeri Yogyakarta.

Roellyana, S & Listiyandini, R.A. (2016). Peranan optimisme terhadap resiliensi pada mahasiswa tingkat akhir yang mengerjakan skripsi. Prosiding Konferensi Nasional Peneliti Muda Psikologi Indonesia, Vol. 1, No. 1, 29-37.

Rojas, L.F. (2015). Factors affecting academic resilience in middle school students: A case study. Gist Education and Learning Research Journal, 11(11), 63–78.

Rutter, M. (1993). Resilience: Some conceptual considerations. Journal of Adolescent Health, 14(8), 626-631.

Santrock, J.W. (2007). Psikologi perkembangan remaja. (Alih Bahasa) Edisi 11 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Santrock, J.W. (2007). Psikologi perkembangan remaja. (Alih Bahasa) Edisi 11 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Santrock, J.W. (2012). Life-span development: (Alih Bahasa) Perkembangan masa hidup. Edisi 13 jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Sarwono, S.W. (2012). Psikologi remaja: Definisi remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Schultz, D. (1991).Psikologi pertumbuhan. Yogyakarta: Kanisus.

Setiawati, F.A. (2017). Statistika terapan. Yogyakarta: Parama Publishing.

Smith, A. (2013). Excellence in resilience

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d.

Bandung: Alfabeta.

Tefera, B. & Mulatie, M. ( 2014 ). Risks, protection factors and resilience among orphan and vulnerable Children ( OVC ) in Ethiopia: Implications for intervention. International Journal of Psychology and Counseling, Vol. 6(3), 27-31.

Theron, L,. Cockcroft, K,. & Wood, L. (2017). The resilience-enabling value of African folktales: The read-me- toresilience intervention. School Psychology International 2017, Vol. 38(5) 491–506.

Utami, C.T & Helmi, A.F. (2017). Self- Efficacy dan resiliensi: Sebuah tinjauan meta-analisis.(Versi Elektronik). Buletin Psikologi. Vol. 25, 54 – 65.

Wang, L,. Tao, H, dkk. ( 2017 ). Influence of social support and self-efficacy on resilience of early career registered nurses. Western Journal Of Nursing Research




DOI: https://doi.org/10.21831/ap.v1i1.43466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal is Indexed by:

Crossref 

e-ISSN: 2746-122X

 

Creative Commons License
Acta Psychologia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/acta-psychologia/.