Dukungan Sosial Teman Sebaya Sebagai Prediktor Psychological Well-Being pada Remaja

Ashifa Mufidha, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial dari teman sebaya terhadap psychological well-being pada remaja. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif desain korelasional. Penelitian dilakukan di SMP IT Masjid Syuhada. Sampel diambil menggunakan teknik acak sederhan dan mendapatkan 163 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan 2 kuesioner, yaitu Skala Psychological Well-Being dan Skala Dukungan Sosial Teman Sebaya. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dukungan sosial teman sebaya terhadap psychological well-being pada remaja dengan R = 0,651, R2 0,424, p < 0,001. Variabel dukungan sosial teman sebaya berkontribusi sebanyak 42,4% terhadap psychological well-being pada remaja. Sumbangan tertinggi adalah dimensi hubungan yang positif dengan orang lain, yaitu sebesar 35,77% dan sumbangan terendah adalah dimensi tujuan hidup sebesar 9,27%.


Keywords


dukungan sosial teman sebaya, psychological well-being

Full Text:

PDF

References


Adicondro, N., & Purnamasari, A. (2011). Efikasi diri, dukungan sosial keluarga, dan self regulated learning pada siswa kelas VIII. Jurnal Humanitas, 8 (1), 17-27.

Batubara, azizah. (2017). Hubungan antara religiusitas dengan psychological well-being ditinjau dari Big Five Personality pada siswa SMA Negeri 6 Binjai. Jurnal Al-Irsyad, 8 (1), 31-41.

Ginting, D.C.E. (2015). Dukungan sosial orangtua, pengasuh panti, dan teman sebaya sebagai prediktor terhadap kesejahteraan psikologis pada remaja yang tinggal di Panti Asuhan di Boyolali. Skripsi. Fakultas Psikologi. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Himmah, Faiqotul. (2015). Hubungan religiusitas dengan kesejahteraan psikologis. Skripsi. Fakultas Psikologi dan Kesehatan. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Indrawati, Triana. (2017). Peranan kecerdasan emosi dan dukungan sosial terhdap kesejahteraan psikologis siswa SMP Terbuka di Cirebon. Jurnal Edukasia Islamika, 2, (1),. 77-103.

Leme, V.B.R., Z.A.P.D.Prette., S.Coimbra. (2015). Social skills, social support and well-being in adolescents of different family configurations. Journal of Paideia, 25(60),9-18.

Lestari, Veronica. (2016). Hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan penyesuaian diri remaja dengan orangtua bercerai. Skripsi. Fakultas Psikologi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Lucktong, A., T.T.Salisbury., A.Chamratrithirong. (2017). The impact of parental, peer and school attachment on the psychological well- being of early adolescents in Thailand. International Journal of Adolescence and Youth, ISSN: 0267-3843, 1-16.

Murtiningtyas, Riska Amellia. (2017). Hubungan antara self-esteem dengan psychological well-being pada remaja. Skripsi. Program Studi Psikologi, Jurusan Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Putra, Fuaddillah dan Ramdani. (2014). Ketercapaian tugas-tugas perkembangan remaja dan pendidikan seksual pada remaja. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 2 (3), 37-41.

Ryff, Carol. D. (1989). Happiness is everything, or is it? Explorations or the meaning of psychological well-being. Journal of Personality and Social Psychology, 57(6). 1069-1081.

Ryff, Carol, D dan Lee M, Keyes. (1995). The structure of psychological well-being revisited. Journal of Personality and Social Psychology, 69 (4), 719-727.

Santrock, J.W. (2007). Perkembangan Anak. Edisi kesebelas. Jakarta: PT. Erlangga.

Santrock, J.W. (2012). Perkembangan Masa Hidup (diterjemahkan oleh Benedictine Wisdyasinta), Edisi ketigabelas. Jakarta: Erlangga.

Seymour, Natalie. (2015). Psychological well-being in adolescents: planning towards and thinking about the future. Dissertation in Clinical Psychology, Royal Holloway. University of London.

Sucahyo, Nurhadi. (2017). Kekerasan bersenjata tajam di kalangan remaja yogya kian memprihatinkan. Diunduh pada tanggal 18 Oktober 2018 dari www.voaindonesia.com




DOI: https://doi.org/10.21831/ap.v1i1.43306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal is Indexed by:

Crossref 

e-ISSN: 2746-122X

 

Creative Commons License
Acta Psychologia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/acta-psychologia/.