Optimisme dan Strategi Koping pada Remaja di Lembaga Kesejahteraan Sosial

Wancik Ridwan Barari,

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh optimisme terhadap strategi koping jenis problem focused coping (PFC) dan strategi koping jenis emotional focused coping (EFC) pada remaja di lembaga kesejahteraan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan merupakan penelitian ex-post facto. Subjek yang terlibat berjumlah 93 remaja di Lembaga Kesejahteraan Sosial Muhammadiyah Prambanan Sleman DIY. Instrumen penelitian untuk mengukur variabel strategi koping jenis PFC, variabel strategi koping jenis EFC, dan variabel optimisme berbentuk skala psikologi. Analisis regresi sederhana dilakukan terpisah antara optimisme dengan strategi koping jenis PFC dan optimisme dengan strategi koping jenis EFC. Koefisien reliabilitas Alpha Cronbach sebesar .853 pada skala strategi koping jenis PFC, .825 pada skala strategi koping jenis EFC, dan .829 pada skala optimisme. Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) optimisme memiliki pengaruh yang positif terhadap strategi koping jenis PFC (r= .539, p<.05) dengan sumbangan sebesar 24.1%, (2) optimisme memiliki pengaruh negatif terhadap strategi koping jenis EFC (r= -.343, p<.05) dengan sumbangan sebesar 5.9%.


Keywords


optimisme, strategi coping, problem focused coping, emotional focused coping

Full Text:

PDF

References


Aldita. (2004). Optimisme masa depan pada remaja ditinjau dari motivasi belajar dan latar belakang status sosial ekonomi orang tua. Skripsi (Tidak diterbitkan). Surakarta: Fakultas Psikologi UMS.

Azwar, S. (2015). Validitas dan reliabilitas (Edisi 4). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

BKKBN. (2016). Kajian profil penduduk pemaja (10-24 tahun): Ada apa dengan remaja? Jakarta: Policy Brief Puslitbang Kependudukan.

Carver, C. S., Scheier, M. F., dan Weintraub, J.K. (1989). Assessing coping strategies: A theoretically based approach. Journal267 – 283.

Fabrykowski, K. N., & Piver, P. S. (2008). Caring for foster children in the south: Why they did not have even one person to care for them. Journal of Education, 129, 192-200.

Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2010). Teori- teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hanafi, M., Kurniawan, T. V., Dodik, A. A., Kusumayudha, J. S., Tehupeiory, V. Y., & Arifin, D. (2010). Laporan pelaksanaan praktik Psikologi Terapan. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana.

Kementerian Sosial Republik Indonesia, Save the Children, UNICEF (2007), Someone that matters: the quality of care in childcare institutions in Indonesia. Save the Children UK, the Ministry of Social Affairs & UNICEF. Jakarta.

Lazarus, R.S. dan Folkman, S. (1984). Stress, appraisal, and coping. New York: Springer Publishing Company, Inc.

Mohino, S., Kirchner, T. & Forns, M. (2004). Coping strategies in young male prisoners. Journal of Youth and Adolescence, Vol. 33, No. 1; 41-49.

Nurindah, M. (2012). Meningkatkan optimisme remaja panti sosial dengan pelatihan berpikir positif. Jurnal Intervensi Psikologi, Vol. 4, No. 1;57-76.

Santrock, J.W. (2003). Adolescence: Perkembangan remaja. Jakarta: Erlangga.

Santrock, J.W. (2007). Psikologi Perkembangan Remaja. (Alih Bahasa) Edisi 11 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Santrock, J.W. (2012). Life-Span Development: (Alih Bahasa) Perkembangan Masa Hidup. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Sarafino, E. (1990). Health Psychology: A biopsycho-social interaction. New York: John Wiley & Sons.

Sarafino, E.P. (1998). Health Psychology: Biopsychosocial interaction. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Seligman, PH.D., & Martin, P.E. (2008). Menginstal Optimisme. Bandung: PT Karya Kita.

Snyder, C. R., & Lopez, S. J. (2002). Handbook of Positive Psychology. New York: Oxford University Press.

Taylor, S. E. (1991). Healthy Psychology (2nd Ed.). New York: McGraw-Hill.

Yusuf, Syamsu. (2010). Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi.




DOI: https://doi.org/10.21831/ap.v1i2.43146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal is Indexed by:

Crossref 

e-ISSN: 2746-122X

 

Creative Commons License
Acta Psychologia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/acta-psychologia/.