Strategi Coping Pada Mahasiswa Yang Sudah Menikah

Hamzah Zulfikar,
Siti Rohmah Nurhayati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan permasalahan yang terjadi pada mahasiswa yang sudah menikah dan strategi coping yang dilakukannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan teknik purposive sampling. Kriteria subjek adalah mahasiswa yang sudah menikah dengan minimal usia pernikahan satu semester (6 bulan). Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara interview. Instrumen dalam penelitian ini yaitu peneliti sendiri dengan dibantu pedoman wawancara dan alat perekam suara. Uji keabsahan data dilakukan dengan  member checking dan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan-permasalahan yang muncul pada mahasiswa yang sudah menikah adalah masalah kekhawatiran, keturunan, dan masalah ekonomi. Dari masalah-masalah tersebut, strategi coping yang digunakan adalah problem-focused coping, emotional-focused Coping, dan Strategi religious-focused coping.


Keywords


mahasiswa sudah menikah, strategi coping

Full Text:

PDF

References


Afrida, E. N. 2017. Makna Konflik Peran pada Mahasiswa dengan Peran Ganda. Jurnal WAHANA, 68(1). 23-26.

Ardani, T. A. (2007). Psikologi Klinis. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Aswati. (2017). Konflik peran ganda, rasa cinta dan kepuasan pernikahan pada mahasiswi yang sudah berumah tangga. Jurnal Psikologi. 5(1), 83-93.

Carver, S., Scheier, F. Micheal., & Weintraub, K. J. (1989). Assesing coping strategies: a theoretically based approach. Miami: Journal of Personality and Social Psychology. Vol. 56 (2), 267-283.

Chen, H. dan Volpe, R. P. (1998). An analysis of personal financial literacy among college students. Financial services review, 7(2), 107-128

Fauziah, Fitri dan Julianti Widuri. (2007). Psikologi Klinis Abnormal Dewasa. Jakarta: UI-Press.

Habibahi, U., dkk. (2012). Studi tentang Status Perkawinan Mahasiswa Reguler PGSD Tegal Hubungannya dengan Prestasi Akademik. Semarang: Journal of Elementary Education 1. Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Hapsari, R.A. Karyani, U. & Taufik. (2002). Perjuangan Hidup Pengungsi Kerusuhan Etnis (Studi Kualitatif tentang Bentuk-Bentuk Perilaku Coping pada Pengungsi di Madura). Indigenous, Vol. 6, No. 2. Surakarta : Fakultas Psikologi UMS.

Lazarus, R.S & Folkman, S. (1984). Stress appraisal and coping. New York : Springer Publishing Company.Inc.

Rohman, Hadi Nur. (2010). Implikasi Pernikahan pada Masa Studi Terhadap Prestasi Belajar. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Sarafino. E. P. (2006). Health Psychology: Biosychosocial Interactions. 5th edition. New York: John Wiley & Sons . Inc.

Sari & Nurwidawati. (2013). Studi Kasus Kehidupan Pernikahan Mahasiswa. Yang Menikah Saat Menempuh Masa Kuliah. Jurnal Vol 02. No 02. Studi Psikologi.

Soekanto, Soerjono. (2012). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 1974. Tentang Perkawinan.




DOI: https://doi.org/10.21831/ap.v3i1.40042

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal is Indexed by:

Crossref 

e-ISSN: 2746-122X

 

Creative Commons License
Acta Psychologia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/acta-psychologia/.