Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Intensitas Penggunaan Smartphone Pada Remaja

Fernita Nurningtyas,
Yulia Ayriza, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kontrol diri terhadap intensitas penggunaan smartphone pada remaja. Adapun pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Penelitian ini dilakukan di Kota Yogyakarta dengan subjek penelitian remaja berusia 15-18 tahun dan sampel berjumlah 384 remaja yang diambil dengan menggunakan teknik incidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuisioner. Instrumen data yang digunakan  adalah skala kontrol diri dan skala intensitas penggunaan smartphone. Validitas instrumen dilakukan dengan menilai validitas isi melalui expert judgment. Pengujian reliabilitas instrument dilakukan menggunakan alpha Cronbach dan menunjukkan nilai koefisien 0,908 pada skala kontrol diri. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kontrol diri secara negatif dan signifikan terhadap intensitas penggunaan smartphone pada remaja usia 15-18 tahun di Kota Yogyakarta (β = -0,102, p<0,01) yang artinya kontrol diri mampu menjadi prediktor terhadap intensitas penggunaan smartphone.


Keywords


kontrol diri, intensitas penggunaan smartphone, remaja

Full Text:

PDF

References


Agusta, Duha. (2016). Faktor-faktor resiko kecanduan menggunakan smartphone pada siswa di Smk Negeri 1 Kalasan Yogyakarta. E-Jornal Bimbingan Dan Konseling Edisi 3 Tahun Ke-5.

Asih, A. T., & Fauziah, N. (2017). Hubungan antara kontrol diri dengan kecemasan jauh dari smartphone (nomophobia) pada mahasiswa jurusan ilmu komunikasi fakultas ilmu sosial dan politik Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati. Vol. 6 (2).

Azwar, Saifuddin. 2017. Metode penelitian psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Baumeister, R. F. (2018). Self-regulation and self-control. New York: Routledge.

Creswell, J. W. 2010. Research Design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogyakarta: PT.Pustaka Pelajar.

Ghufron & Rini. (2014). Teori-teori psikologi. Yogyakarta: Ar Ruzz Media

Hirt, dkk. (2016). Self-Regulation And Ego Control. United Kingdom: Elsevier

Horwood & Anglim. (2019). Problematic smartphone usage and subjective and psychological well-being. Journal Computers in Human Behavior. 97, 44-50.

Purwanto. 2008. Metodologi penelitian kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Setiawati, F.A. (2017). Statistika Terapan: Untuk Penelitian Pendidikan dan Sosial. Yogyakarta: Parama

Sugiyono (2010) Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Waty, L.P. & Fourianalistyawati, E. (2018). Dinamika Kecanduan Telepon Pintar (Smartphone) Pada Remaja Dan Trait Mindfulness Sebagai Alternatif Solusi. Jurnal Psikologi Unsyiah Vol 1, No 2.

Wilantika, C.F. (2017). Pengaruh pengguaan smartphone terhadap kesehatan dan perilaku remaja. Akademi Kebidanan La Tansa Mashiro.

Yuni, R.S.P., & Pierawan, A.C. (2017). Hubungan Intensitas Penggunaan Smartphone Dengan Disiplin Belajar Siswa. Universitas Negeri Yogyakarta.

Youarti, I.E & Hidayah, Nur. (2018). Perilaku phubbing sebagai karakter remaja generasi z. Jurnal Fokus Konsesing, Vol.4

Zulfitria (2017). Pola asuh orang tua dalam penggunaan smartphone pada anak sekolah dasar. Jurnal ilmiah PGSD Vol. 1(2).




DOI: https://doi.org/10.21831/ap.v3i1.40040

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal is Indexed by:

Crossref 

e-ISSN: 2746-122X

 

Creative Commons License
Acta Psychologia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/acta-psychologia/.