UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKORD KEYBORD MELALUI PENGGUNAAN METODE MOVING OF FINGER ( MOFI ) PADA SISWA KELAS VIIC SEMESTER 2 TAHUN PEL. 2014/2015 DI SMP NEGERI 2 TANJUNGSARI, GUNUNGKIDUL.

- Boiman, , Indonesia

Abstract


Rendahnya hasil pembelajaran akord pada alat musik keyboard di SMP
Negeri 2 Tanjungsari, Gunungkidul dipengaruhi oleh berupa siswa kurang semangat,
sulit memahami materi pelajaran, hal tersebut dimungkinkan metode yang digunakan
kurang tepat   sehingga hasil pembelajaran-  nya belum mencapai batas minimum
atau KKM yang ditetapkan sekolah sebesar 75. Metode mofi merupakan salah satu
metode pembelajaran akord pada alat music keyboard yang dalam pembelajarannya
mempermudah siswa dalam mempelajari penjarian  dalam melakukan progresi akord
dengan cara  merubah 1 (satu) jari saja.
             Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  bagaimana langkah - langkah
penerapan metode  Mofi  dalam pembelajaran akord keyboard dan bagaimana
peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode Mofi pada siswa kelas
VII C semester 2 Tahun Pel. 2014/2015 di SMPN 2 Tanjungsari,Gunungkidul.
Penelitian ini  dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahap
yaitu: Perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.
             Hasil Penelitian  diperoleh kesimpulan bahwa menggunakan  metode  mofi
dapat meningkatkan hasil pembelajaran Akord Keyboard secara signifikan dari
siklus I ke Siklus II, berdasarkan KKM yang ditetapkan sebesar  75. Pada siklus I
jumlah nilai sebanyak 2415 dengan rata-rata 75,47,Nilai ketuntasan 51,52 %,  
sedangkan pada siklus II diperoleh jumlah nilai sebesar 2605 , Dengan rata-rata
sebesar 81,40 Nilai ketuntasan 87,50 Berdasarkan perolehan nilai pada siklus I dan
Siklus II terdapat peningkatan ketuntasan  sebesar 51,52 % pada siklus I menjadi
87,5 % pada siklus II. hal ini membuktikan bahwa Metode  Mofi dapat meningkatkan
hasil belajar siswa dalam belajar akord keyboard.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v13i2.7884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by:

       

 Creative Commons License

website statistics View My Stats