PERMASALAHAN PENYUSUNAN TUGAS AKHIR MAHASISWA BIDANG PENGKAJIAN SENI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI KERAJINAN FBS UNY

- Iswahyudi, , Indonesia

Abstract


Tujuan  penelitian ini  adalah  untuk mendeskripsikan  kendala yang
dialami mahasiwa dalam  penulisan proposal tugas akhir pendidikan seni
kerajinan,  strategi pembimbingan yang efektif untuk peningkatan kualitas
penulisan proposal tugas akhir pendidikan seni kerajinan dan mendeskripsikan
penulisan laporan penelitan yang berkualitas.
Metode  Penelitian ini merupakan  studi kasus untuk mengungkap
kasus-kasus yang bersifat spesifik pada individu, kelompok, atau lembaga
yang dilakukan secara intensif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa
Program Studi Pendidikan Seni  Kerajinan  yang akan atau sedang menulis
proposal TAS di bidang pendidikan dan pembelajaran seni  kerajinan.Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara, dokumentasi, dan
kuesioner.  
Hasil penelitian menunjukkan  perlunya  upaya yang lebih terprogram
untuk menyiapkan mahasiswa dalam menulis  tugas akhir skripsi bidang
pendidikan dengan lebih cepat dan lebih baik. Kesiapan mahasiswa dalam
menulis proposal masih ditemukan multi kelemahan mulai dari masalah terkait
metodologi penelitian, penulisan maupun subtansi keilmuan seni kerajinan.
Untuk itu diperlukan workshop penulisan proposal penelitian untuk
menyiapkan mahasiswa lebih awal menyusun proposal dengan baik.Proses
pembimbingan  skripsi terkendala oleh sulitnya bertemu dengan dosen
pembimbing, dan  masih ditemukan masalah teknis  dalam hal  penguasaan
bahasa dan penulisan iulmiah yang baik dan benar. Untuk itu perlunya
penataan mata kuliah metodologi penelitian dan seminar agar lebih banyak
memberikan wawasan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah dengan baik.
Diupayakan setiap mata kuliah baik teori maupun praktik memberikan tugas
kepada mahasiswa untuk membaca dan menulis dalam bentuk paper, resume,
analisis dan sebagainya untuk dipresentasikan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v13i2.7880

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by:

       

 Creative Commons License

website statistics View My Stats