MINAT SISWA SMK JURUSAN TEATER MELANJUTKAN STUDI KE JENJANG S-1 PENDIDIKAN SENI DRAMA DI FBS UNY

Sumaryadi -, FBS Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini ingin mencoba menyingkap permasalahan yang terjadi pada

kehidupan seni teater/drama di sekolah, mengingat bahwa sampai dewasa ini,

lembaga pendidikan formal (sekolah-sekolah umum) belum ada yang

menyelenggarakan pendidikan seni drama, sebagai bagian dari pendidikan seni

pada umumnya. Di sisi lain, LPTK semacam FBS UNY sampai dewasa ini belum

mampu menyelenggarakan Pendidikan Seni Drama, baik dalam bentuk jurusan

ataupun program studi. Untuk itu, kajian ini dimaksudkan untuk melihat

bagaimana dan sejauh mana minat siswa SMK Jurusan Teater untuk melanjutkan

studi ke jenjang S-1 Pendidikan Seni Drama yang berpeluang untuk dibuka di

FBS UNY. Minat para siswa tersebut perlu digali agar didapatkan data tentang

peluang diselenggarakannya rekrutmen mahasiswa. Penelitian ini masih

membatasi diri pada siswa Jurusan Teater dari SMK Negeri I Kasihan Bantul.

Kriteria mengatakan bahwa siswa dikatakan memiliki minat yang tinggi apabila

siswa memiliki skor sama dengan (=) atau lebih besar (>) daripada mean teoritik

(25). Setelah kriteria itu dipertemukan dengan data empirik yang ada, yakni skor

yang diperoleh dari 29 orang siswa (responden), ternyata skor siswa bergerak dari

25 (skor empirik terendah) hingga 40 (skor empirik tertinggi). Dengan demikian,

seluruh siswa yang ada (29 siswa) masuk dalam kategori “berminat” melanjutkan

studi ke jenjang S-1 Pendidikan Seni Drama seandainya dibuka di Fakultas

Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.

Kata kunci: minat, siswa SMK, teater, pendidikan seni drama


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v8i2.6720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by:

       

 Creative Commons License

website statistics View My Stats