PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN KERAJINAN BATIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER MULTIMEDIA

Ismadi -, Fakultas Bahasa Seni Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dan peningkatan hasil pembelajaran kerajinan batik dengan menggunakan media interaktif berbasis komputer multimedia. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Seni Kerajinan Jurusan Pendidikan Seni Rupa FBS UNY sebanyak 20 orang. Penelitian ini didesain sebagai Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah penelitian mengacu pada model yang diterapkan oleh Kemmis dan Metaggart dan dilaksanakan 2 siklus. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriftif kualitatif. Hasil penelitian tindakan I menunjukkan bahwa pemahaman teori dasar-dasar membatik dengan tes pilihan ganda dengan 10 soal, mahasiswa mendapat nilai rata-rata 6,6. pelaksanaan tindakan I masih mengalami permasalahan dalam pembelajaran kerajinan batik, hal ini ditandai dengan nilai rata-rata mahasiswa yang masih kurang. Oleh karena itu perlu diadakan tindakan II. Tindakan II dilakukan setelah merevisi media pembelajaran interaktif yang dikembangkan oleh peneliti. Pelaksanaan tindakan II ini sudah menunjukkan ada peningkatan yang signifikan, yaitu rata-rata mahasiswa sudah mencapai nilai 7. oleh karena itu, dengan adanya peningkatan nilai pada tindakan II ini, maka dianggap sudah tidak perlu lagi dilakukan tindakan III. Analisis data menunjukkan bahwa media pembelajaran yang interaktif dapat mempengaruhi hasil pembelajaran yang cukup besar. Hal itu dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil tes yang diperoleh mahasiswa pratindakan adalah 4,5, tindakan I adalah 6,6 dan tindakan II adalah 7.

Kata kunci: kerajinan batik, pembelajaran, dan media interaktif


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v8i1.6653

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by:

       

 Creative Commons License

website statistics View My Stats