GAYA HIDUP MODERN DAN IKLAN (Budaya Makan Mi Instan sebagai Identitas)

Prayanto Widyo Harsanto, Disain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Ideologi konsumerisme mendorong kebutuhan palsu dan bahwa kebutuhan ini akan bekerja sebagai satu bentuk kontrol sosial. Iklan dengan berbagai macam penampilan dan bentuknya, pada dasarnya berfungsi untuk memberi informasi tentang produk barang atau jasa kepada publik. Tujuannya adalah agar masyarakat tergerak untuk membeli atau mengkonsumsi produk-produk tersebut. Iklan berusaha berlomba-lomba membangkitkan hasrat konsumen untuk berbelanja bahkan lebih ngeri lagi, konsumen menjadi shopholik (gemar sekali belanja). Tidak dapat disangkal bahwa media komunikasi massa turut berperan penting dalam pembentukan pola produksi dan konsumsi. Melalui iklan di media massa orang didorong untuk mengkonsumsi produk yang diiklankan dan membentuk sebuah citra (image) akan sebuah produk

Keywords: gaya hidup, mie instan, dan iklan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v7i1.6645

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by:

       

 Creative Commons License

website statistics View My Stats