INTERNALISASI PENGAJARAN SENI TARI PADA SEKOLAH LANJUTAN TINGKAT PERTAMA

Wahyu Lestari, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses internalisasi pengajaran seni tari di SLTP Negeri se Kabupaten Sleman DIY. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, artinya mendeskripsikan proses pembelajaran secara apa adanya. Alat utama pengumpul data penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data dianalisis secara deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran seni tari dilakukan dengan cara sosialisasi, enkulturasi atau pembiasaan, sehingga internalisasi tercapai. Hasil pembelajaran yang dicapai siswa juga akan menunjukkan keberhasilan guru dalam pelaksanaan mengajarnya. Prestasi seni tari secara afektif berpengaruh terhadap prestasi pembelajaran tiga mata pelajaran yang lain. Melihat hasil penelitian ini disarankan perlunya penelitian lanjutan dengan sampel yang lebih luas pada sekolah lanjutan.

Kata Kunci: sosialisasi, enkulturasi, internalisasi, seni tari.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v7i2.6637

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by:

       

 Creative Commons License

website statistics View My Stats