Video pembelajaran seni pertunjukan Sandur untuk siswa kelas X SMA

Sri Linda Oktavia, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Robby Hidajat, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Rully Aprilia Zandra, Universitas Negeri Malang, Indonesia

Abstract


Penelitian ini adalah riset yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa video pembelajaran seni pertunjukan Sandur. Menyediakan media pembelajaran sebagai alat yang membantu guru dan siswa dalam pelaksanaan proses pembelajaran khususnya materi tari tradisi daerah setempat. Subjek uji coba dalam riset ini yaitu siswa kelas X SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adlah metode penelitian pengembangan yang dikemukakan Allesi dan Trollip. Pengembangan media video pada penelitian ini telah diriview oeh ahli materi, media, dan pembelajaran. Hasil review dari ahli materi menunjukkan bahwa Hasil dari data pre-test secara keseluruhan menunjukkan presentase sebesar 47,6%. Hasil dari data post-test secara keseluruhan menunjukkan presentase sebesar 97,9% dengan nilai rata-rata 97,9. Nilai tersebut daat dikategorikan bahwa hasil belajar dari siswa sudah mencapai taraf tuntas. Selain pre-test dan post-test, peneliti membagikan angket keterbacaan produk untuk menguji keterbacaan produk yang sudah dibuat. Hasil dari data angket menunjukkan presentase 95,5%, sangat layak. Sehingga dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran seni pertunjukan Sandur berupa video dokumenter lebih efektif dan dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata kunci: Sandur, video pembelajaran, pengembangan media

 

Sandur performance art learning video for students Xth graders

 

Abstract

This research is research that aims to produce a product in the form of a learning video for Sandur's performing arts. Provide learning media as a tool that helps teachers and students in the implementation of the learning process, especially local traditional dance materials. The test subjects in this research were students of class X SMA. The method used in this research is the development research method proposed by Allesi and Trollip. The development of video media in this study has been reviewed by material, media, and learning experts. The results of the review from material experts show that the results of the pre-test data show a percentage of 47.6%. The results of the post-test data show a percentage of 97.9% with an average value of 97.9. This value can be categorized that the learning outcomes of students who have reached the level of completion. In addition to the pre-test and post-test, the researcher distributed a product readability questionnaire to test the readability of the products that had been made. The results of the questionnaire data showed a percentage of 95.5%, very feasible. So, in this case it can be concluded that the video media for learning Sandur's performing arts in the form of a documentary video is more effective and can be used to improve student learning outcomes.

 

Keywords: Sandur, tutorial video, media development


Keywords


Sandur; video pembelajaran; pengembangan media.

Full Text:

PDF

References


Admadja, A., Perwira, I., & Marpanaji, E. (2016). Pengembangan multimedia pembelajaran praktik individu instrumen pokok dasar siswa SMK di bidang keahlian karawitan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(2), 173. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/8107

Allesi, S. M., & Trollip, S. R. (2001). Multimedia for learning methods and development. 3rd ed. Arnis Burvikovs. Massachusetts: Allyn & Bacon

Fitri, H.. 2020. Peningkatan motivasi belajar seni tari melalui media video bagi siswa kelas VII (1) SMP Negeri 2 Tembilahan. Jurnal Langsat, 4(1), 1738-51. https://rumahjurnal.net/langsat/article/view/475

Lukitarini, R., Wiryokusumo, I., & Suhari, S. (2020). Pengembangan media video gerak tari Sparkling Surabaya pada mata pelajaran seni budaya bagi siswa SMP. Edcomtech, 5, 67-75. http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/9617/pdf

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama,M. Y. (2019). Penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64-72

Pangestika, F. Y., & Yanuartuti, S. (2020). Pembelajaran mandiri seni tari melalui konten Youtube sebagai inovasi pembelajaran masa kini. Jurnal Seni dan Budaya, 1(2), 63-69. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/GDG/article/view/18098

Prakosa, R. D. (2017). Pertunjukan Sandhur Tuban refleksi peralihan masyarakat agraris menuju budaya urban. Panggung, 27(13). https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/viewFile/236/204

Rahayu, H. S. S., Pratamawati, E. W. S. D., & Zandra, R. A. (2020). Video pembelajaran untuk generasi new milenial. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 4(1), 1

Riduwan, R. (2010). Belajar mudah penelitian untuk guru, karyawan, dan peneliti pemula. Alfabeta.

Riduwan, R., & Kuncoro, E. A. (2007). Cara menggunakan dan memaknai analisis jalur. ed. Warsiman. Bandung: Alfabeta

Sandi, N. V. (2018). Pembelajaran Seni tari tradisional di sekolah dasar. Jurnal Dialektika Jurusan PGSD, 8(2), 147–61. https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpgsd/article/view/310

Soetopo, S., Yosef, Y., & Siahaan, S. (2016). Pembelajaran seni budaya dan keterampilan di kelas V SD Negeri 11 Indralaya, 138–47. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jisd/article/view/8580.

Suryansah, T., & Suwarjo, S. (2016). Pengembangan video pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 209

Werdiningtiyas, R. K., & Rahayunita, C. I. (2017). Analisis pembelajaran seni budaya dan keterampilan di SDN Gadingkembar 2 kecamatan Jabung Malang. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 1(1), 64-68. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD/article/view/1607

Wibono, J. C., Susilowati, T. T., & As’ad, M. A. (2009). Membaca Sandur Bojonegoro dan Sandur Tuban. Resital, 10, 112122

Yuliananingsih, M. (2012). Pelaksanaan pendidikan karakter di program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan IKIP PGRI Pontianak. Edukasi, 13, 239-48. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/edukasi/article/view/119




DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v20i1.45400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by:

       

 Creative Commons License

website statistics View My Stats