KENDALA PENCIPTAAN KARYA TARI OLEH MAHASISWA

Ni Nyoman Seriati, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk  mengidentifikasikan kesulitan mahasiswa dalam  menciptakan  karya
tari  pada mata kuliah  Koreografi III  mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Tari  FBS, UNY.  
Untuk menemukan tingkat kesulitan yang dialami mahasiswa digunakan pendekatan Dikriptip
Kuantitatip, sujek penelitian  mahasiswa yang mengambil mata kuliah koreografi III pada semester
ganjil  tahun ajaran 2013/1014 berjumlah  24 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan
kuesioner dan pengamatan. Teknik  analisis data menggunakan statistik diskriptif. Penelitian ini
dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Seni Tari ,FBS, UNY  khususnya untuk mahasiswa yang
menempuh kuliah pada semester 9. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut mahasiswa yang  
mengalami  kesulitan dalam penciptaan karya tari  pada mata kuliah koreografi III terletak pada
elemen –elemen koreografi diantaranya: penentuan  cerita, tema, busana, gerak, dan musik. Adapun
tingkat kesulitan  dari kelima elemen tersebut  cerita 2,08%, tema  2,22 %, busana 2,26 %, gerak 2,46
%, dan musik 3,10  %.  Dari uraian tersebut dapat dilihat bahwa  tingkat kesulitan yang paling tinggi
terletak pada penentuan cerita.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v13i1.4048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by:

       

 Creative Commons License

website statistics View My Stats